Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Whiz Hotel Kuta Mulai Dibangun

Kompas.com - 27/12/2010, 18:33 WIB

KUTA, BALI, KOMPAS.com - Pengembang properti PT Intiland Development Tbk, melalui anak usaha PT Intiwhiz International memperluas jaringan Whiz Hotels melalui pengembangan hotel-hotel baru di seluruh wilayah Indonesia. Setelah Whiz Hotel Yogyakarta dan Semarang, kini giliran di pulau Bali melalui proses pembangunan Whiz Hotel Kuta. Proses pembangunan ini ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama pada 27 Desember 2010.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Intiwhiz Moedjianto Soesilo Tjahjono mengatakan Whiz Hotel Kuta dibangun dengan konsep kerjasama strategis dengan pihak investor. Hotel ini nantinya dikelola secara profesional oleh Intiwhiz selaku hospitality management.

“Whiz Hotel Kuta merupakan hotel pertama dari jaringan Whiz Hotels yang dibangun di Bali. Selain di Kuta, kami juga akan mengembangkan satu hotel lagi di kawasan Legian tahun ini,” kata Moedjianto.

Whiz Hotel Kuta berada di lokasi yang sangat strategis, yakni di jalan Kartika Plaza, Kuta, sebuah kawasan wisata utama di Bali. Hotel yang menempati area seluas 2.000 meter persegi ini terdiri dari dua bangunan setinggi empat dan lima lantai, serta satu lantai basement.

Jumlah kamar yang tersedia di Whiz Hotel Kuta keseluruhannya mencapai 135 yang terbagi menjadi tiga tipe kamar berbeda yakni standard, deluxe, dan suite. Sementara, ukuran luas kamarnya bervariasi, namun rata-rata berkisar 24 meter persegi. Masing-masing kamar dilengkapi berbagai fasilitas antara lain, televisi berbayar, pendingin udara, lemari es, kotak deposit, internet, dan telepon.

Moedjianto menjelaskan, mengacu konsep yang dikembangkan oleh perseroan, pembangunan Whiz Hotel Kuta juga menerapkan konsep modern dengan sentuhan arsitektural lokal Bali. Hotel ini dilengkapi berbagai fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, restoran, meeting room, lobby bar, dan spa.

“Kelengkapan dari fasilitas hotel ini menyesuaikan kebutuhan pasar yang lebih ke arah pariwisata ketimbang keperluan bisnis. Ini sedikit berbeda dengan konsep Whiz Hotels di kota lain yang lebih mengarah sebagai business hotel,” kata Moedjianto.

Pemilihan lokasi di Kuta, lanjutnya, karena kawasan tersebut merupakan daerah tujuan wisata utama di Pulau Bali. Selain manawarkan pantainya yang indah, di Kuta juga acap diselenggarakan acara turnamen olah raga selancar tingkat internasional.

Kawasan wisata Kuta dikenal pula sebagai pusat perkembangan pariwisata Bali. Kawasan ini menyediakan berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, spa, dan berbagai tempat hiburan musik. “Setiap tahun diselenggarakan acara ‘Kuta Karnaval’ yang menyedot animo pengujung sangat banyak. Ini potensi yang sangat baik bagi industri pariwisata, termasuk industri perhotelan,” ujarnya lebih lanjut.

Besarnya potensi sektor pariwisata bisa pula dilihat dari jumlah wisatawan yang datang ke Bali, baik asing maupun domestik. Pemerintah daerah provinsi Bali memperkirakan jumlah wisatawan yang datang ke Bali mencapai 10 juta orang pada tahun 2010. Dari jumlah tersebut, pemerintah yakin jumlah wisatawan asing sebesar 2,3 juta bakal tercapai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com