Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpera: Pemprov DKI Harus Dorong Pembangunan Rusunami

Kompas.com - 12/03/2010, 22:24 WIB

KOMPAS.com -  Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa menilai Pemprov DKI Jakarta lebih mendorong pembangunan apartemen mewah ketimbang Rusunami sehingga masyarakat ekonomi rendah sulit menjangkau harga rumah yang dibangun pengembang.

“Saya meminta Pemprov DKI Jakarta tetap mendorong pembangunan Rusunami di Jakarta,” ujar Menpera Suharso Monoarfa, Jumat (12/3). Menpera mengingatkan Pemprov DKI bahwa pembangunan apartemen mewah yang terlalu banyak dapat menjadi bumerang terhadap pembangunan kota. Sebab hal itu akan berakibat kawasan-kawasan kumuh akan tumbuh semakin banyak dan menguasai daerah pinggiran kota.

Untuk itu, Menpera Suharso Monoarfa meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami) di Ibu Kota. Hal itu dikarenakan kebutuhan rumah bagi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jakarta cukup tinggi.

Saat ini Suharso melihat pembangunan Rusunami belum dapat memenuhi kebutuhan rumah masyarakat di Ibu Kota. Padahal masih banyak masyarakat yang belum memiliki rumah yang layak huni.  “Pembangunan Rusunami saat ini merupakan jawaban atas kebutuhan hunian sekitar lima atau 10 tahun mendatang. Kami berharap pembangunan Rusunami di kawasan perkotaan bisa lebih ditingkatkan,” terangnya.

Pemprov DKI Jakarta juga diminta melakukan peninjauan terhadap kebijakan-kebijakan terkait program Rusunami seperti KLB. Adanya pemotongan tingkat KLB Rusunami karena alasan proses evakuasi bencana dianggap kurang pas.

Menurut Suharso, rasio kepadatan dan terbatasnya lift serta tangga darurat di Rusunami pada dasarnya merupakan masalah teknis. “Pemprov DKI Jakarta seharusnya bisa meminta pengembang untuk membuat desain yang sesuai serta melakukan pelatihan tentang evakuasi bencana secara rutin kepada penghuni Rusunami,” katanya

Menpera berharap pemerintah daerah lain juga terus mendorong para pengembang untuk membangun Rusunami di daerah. Adanya kerja sama yang baik antara stakeholder bidang perumahan dan permukiman juga perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman untuk dihuni. (Sumber: kemenpera.go.id)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com