Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendekatan Personal Penting bagi Arsitek

Kompas.com - 06/03/2010, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam merancang sebuah karya arsitektur, tentunya dibutuhkan kedisiplinan dan rasa seni yang tinggi. Namun tak cukup hanya itu, arsitek juga harus memiliki kemampuan pendekatan personal terhadap kliennya. "Biasanya kami akan berusaha untuk mengerti kebiasaan dari klien kami, sehingga karya kami nanti benar-benar sesuai dengan keinginan klien," ujar Anggraito Suhartono, dari kantor arsitek A+A saat presentasi dalam acara Sayembara Desain Rumah, di Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (6/3/2010).

Tak hanya itu, menurutnya arsitek pun harus menghargai hal-hal yang dipegang oleh klien. "Kami pernah membuat desain yang harus disesuaikan dengan feng shui. Terkadang ada hal yang sulit kami terima, tetapi tetap harus kami hargai karena itu adalah kebiasaan dari klien kami," katanya.

Anggraito melanjutkan, pendekatan secara personal terhadap klien akan memudahkan arsitek untuk bisa mengembangkan idenya dengan lebih luas. "Klien akan lebih mudah mengerti jika kami memberikan desain yang menurut kami bagus, karena persuasi personal yang telah kami lakukan," tambah Anggraito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com