Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1Park Residences Mulai Dibangun, Utamakan Konsep Hijau

Kompas.com - 24/02/2010, 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemancangan tiang (ground breaking) Apartemen 1Park Residence dilakukan hari Rabu (24/2/10) sebagai tanda dimulainya pembangunan tiga menara apartemen yang berlokasi di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan itu. Pemancangan ini dilakukan Suhendro Prabowo, Chief Operating Officer 1Park Residence.

"Kami menargetkan pondasi selesai dalam waktu tiga bulan ke depan. Setelah itu kami akan membangun tiga menara sekaligus," ujar Suhendro dalam jumpa pers di lokasi pembangunan 1Park Residence, Jakarta,  Rabu. Serah terima 1Park Residence direncanakan dilakukan bulan Juni 2012. Hingga saat ini, 1Park Residence sudah menjual 108 unit apartemen sejak diluncurkan 20 Februari 2010 lalu.

Pihak pengembang PT Intiland menargetkan penjualan 40-50 unit dalam beberapa minggu ke depan, dan ditargetkan habis terjual dalam waktu tiga bulan. Harga satu unit apartemen dengan dua kamar, dimulai dari harga Rp 800 juta.

Konsep hijau

Apartemen 1Park Residence menerapkan konsep hijau dalam pembangunannya. Menurut Utama Gondokusumo, Business Development Director Intiland, pembangunan Apartemen 1Park Residence disesuaikan dengan aturan dari Green Building Council of Indonesia. "Desain bangunan akan dibuat agar cahaya dapat mudah masuk. Misalnya, bagian pintu keluar lift yang biasanya hanya berbentuk lorong gelap, akan dibuat langsung menghadap keluar sehingga mendapatkan cahaya," ujar Utama.

"Setiap kamar mandi di setiap unit akan masuk cahaya, sehingga tak perlu menggunakan lampu pada siang hari," tambah Utama. Selain itu, apartemen 1Park Residence melakukan water recycling. Air bekas cuci tangan dan flush dari toilet akan digunakan untuk menyiram tanaman. Dari total area apartemen, 75 persen digunakan untuk green area. "Selain itu, bagian basement dibuat terbuka sehingga memerlukan sedikit energi listrik untuk exhaust udara, dan dapat menampung air hujan," tambah Utama.
 
PT  Intiland Development Tbk merupakan pengembang properti di Indonesia yang telah berkiprah selama lebih dari 40 tahun. Dalam beberapa tahun belakangan, Intiland telah mengerjakan banyak gedung, misalnya Intiland Tower di Jakarta dan Surabaya, serta kondominium tepi pantai di kawasan Pluit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com