Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

San Diego Hills Luncurkan Rumah Abu Semi Outdoor Pertama di Indonesia

Kompas.com - 23/02/2010, 20:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  San Diego Hills Memorial Park (SDH) meluncurkan rumah abu dengan konsep semi-outdoor yang pertama di Indonesia. Rumah abu atau disebut juga Columbarium ini dinamakan Breath of Life.  

Rumah abu merupakan suatu tempat yang disediakan untuk menyimpan abu jenazah setelah dikremasi untuk dimasukkan ke dalam  guci. Breath of Life yang didesain secara harmonis dengan memadukan unsur modern yang tetap memperhatikan refleksi nilai sosial budaya, tradisi serta lingkungan alam, merupakan rumah abu pertama yang dipersembahkan bagi semua kalangan dari berbagai agama secara universal kecuali bagi umat muslim.

Bangunan  Breath of Life  dengan konsep modern klasik, berdiri di tengah hutan pinus dengan lanskap hijau asri yang dilengkapi dengan aliran air yang mengelilingi mansion dan gazebo yang dapat digunakan untuk tempat keluarga berkumpul. Breath of Life berlokasi di area Garden of Creation (Universal) di atas tanah 2.200 m2, dengan total unit Columbarium sebanyak 1.128. Unit-unit tersebut terbuat dari material granit putih yang terdiri dari 6 tingkat/level dengan ukuran masing-masing 40 cm x 40 cm x 40cm dan 60 cm x 40 cm x 40cm.

”Latar belakang kami membangun columbarium Breath of Life ini untuk melengkapi produk yang ada di  San Diego Hills. Dimana saat ini kami baru menyediakan produk Pemakaman Jenazah atau Under Ground Burial, sedangkan Columbarium  dikategorikan sebagai produk Upper Ground Burial. Banyak keluarga secara tradisi maupun untuk memenuhi permintaan dari almarhum agar tidak merepotkan keluarga yang ditinggalkan, maka mengambil keputusan untuk dikremasi dan dilarung ke laut. Tetapi cara kremasi ini membuat keluarga tidak memiliki kenangan yang dapat diabadikan. Dengan adanya Breath of Life, abu jenazah ditempatkan di lokasi di mana keluarga dapat melakukan ziarah bersama-sama sambil menikmati suasana yang indah, tidak menyeramkan dan fasilitas lengkap yang ada di SDH.” ujar Suziany Japardi,
Sales and Marketing Director SDH, Selasa (23/2/10).

"Selama masa launching, kami memberikan diskon khusus 45 persen plus 50 persen, atau harga net menjadi mulai dari Rp14 juta.Sedangkan untuk unit yang termahal (Heart Level dan Eye Level) ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 16 juta. Dengan sistem kepemilikan hanya satu kali bayar," jelas Suziany,
 
Sejak diperkenalkan kepada publik Januari 2007, SDH yang memiliki lahan seluas 500 hektar di Karawang Barat pada Km 46 (keluar gerbang Tol Karawang Barat 2), mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari masyarakat. Saat ini yang telah dimakamkan lebih dari 900 jenazah. Sedangkan yang telah terjual hingga kini, lebih dari 20.000 unit makam.

Konsep SDH yang sudah diterima dengan baik oleh masyarakat saat ini, bahwa pemakaman adalah bukan sesuatu hal yang menyedihkan, tidak menakutkan dan sudah menjadi gaya hidup keluarga di mana setiap minggu pada saat ziarah,  mereka dapat berekreasi dan berkumpul bersama keluarga sambil menikmati berbagai fasilitas yang ada.

San Diego Hills secara marketing telah berhasil memperkenalkan sistem penjualan secara pre-need yang artinya mempersiapkan  lahan makam pada saat kita masih hidup dimana untuk mendapatkan kedamaian (Peace of Mind) dan kebahagiaan sehingga tidak merepotkan keluarga yang ditinggalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com