Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Dipertimbangkan dalam Membangun, Renovasi, dan Perbaikan Rumah

Kompas.com - 11/06/2024, 18:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya rumah idaman tak selalu harus dimulai dari nol. Ini berlaku bagi Anda pasangan muda yang baru memulai, keluarga yang sedang berkembang, atau profesional yang ingin meningkatkan kualitas hidup.

Sebab, ada tiga opsi yang bisa disesuaikan dengan impian, kebutuhan, dan kemampuan finansial Anda yaitu bangun rumah baru, renovasi, atau perbaikan.

Perusahaan teknologi konstruksi, Gravel, memberikan panduan sebelum mengambil keputusan besar pada rumah Anda sebagai berikut:

1. Bangun rumah baru

Membangun rumah dari awal adalah pilihan ideal jika Anda memiliki visi yang jelas tentang rumah impian dan ingin setiap detail sesuai kebutuhan dan keinginan penghuni rumah.

Seperti menggambar di kanvas kosong, Anda bisa menentukan sendiri desain, tata letak, material, dan fitur rumah sesuai selera dan gaya hidup.

Baca juga: Tiga Penyebab Kaca Jendela di Rumah Anda Alami Keretakan

Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika membangun rumah baru yaitu investasi waktu, tenaga, dan biaya yang besar.

Hal pasti dan utama adalah sudah disiapkannya lahan terlebih dulu.

Proses lain yang harus dilewati adalah mengurus perizinan (IMB), menyewa arsitek dan kontraktor, tukang, belanja material, serta memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

2. Renovasi rumah 

Ini solusi untuk transformasi rumah dan menjadi pilihan tepat jika Anda ingin merombak sebagian atau seluruh bagian rumah yang sudah ada.

Pekerjaan ini bisa dilakukan apabila Anda ingin menambah kamar, memperluas dapur, atau mengubah tampilan fasad rumah.

Renovasi memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan rumah dengan kebutuhan dan preferensi Anda tanpa harus membangun dari awal.

Dari segi biaya, Anda harus merogoh kocek untuk renovasi dapat bervariasi tergantung pada skala proyek dan material yang digunakan.

Maka dari itu, penting untuk merencanakan dengan matang dan memilih kontraktor yang bisa diandalkan atau tukang yang terpercaya untuk memastikan hasil yang memuaskan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com