Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Jitu Membersihkan Kaca Jendela Rumah Usai Ditinggal Mudik

Kompas.com - 13/04/2024, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Membersihkan kaca jendela merupakan salah satu kegiatan yang akan dilakukan penghuni rumah usai ditinggal mudik Lebaran.

Pasalnya, rumah yang ditinggalkan saat mudik tentu akan memiliki banyak debu dan kotoran, termasuk di jendela. Apalagi kondisi cuaca terkini acap kali terjadi hujan yang disertai angin.

Namun, membersihkan kaca jendela rumah tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Tujuannya agar kaca bisa nampak bersih seperti baru.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR pada Sabtu (13/04/2024), berikut tips membersihkan kaca jendela rumah yang perlu diperhatikan:

1. Gunakan Penyedot Debu

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu pada permukaan kaca guna mencegah goresan atau kerusakan pada kaca jendela.

Baca juga: Agar Kaca Jendela Bebas Goresan, Hindari 5 Hal ini Saat Membersihkannya

2. Gunakan Cuka dan Air

Setelah dibersihkan menggunakan pembersihan kaca, penggunaan cuka dan air dengan perbandingan yang sama juga dapat membuat kaca agar tetap mengkilap.

3. Gunakan Kain Mikrofiber

Saat kaca jendela dibersihkan menggunakan cuka ataupun pembersih kaca, gunakan kain mikrofiber yang bersih untuk mengelap bekas semprotan, dan hindari kain berbulu karena dapat meninggalkan serat atau goresan pada kaca.

4. Gerakan Melingkar

Saat membersihkan kaca jendela hindari gosok dengan gerakan vertikal atu horizontal, karena dapat meninggalkan jejak. Melainkan, gosok dengan gerakan melingkar agar kotoran hilang.

5. Perhatikan Sudut dan Sisi Kaca Jendela

Pastikan tidak hanya membersihkan permukaan kaca jendela saja, tetapi juga pada sudut-sudut kaca. Gunakan sikat gigi atau kain mikrofiber untuk membersihkan sudut kaca jendela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com