Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Ruang Kosong di Bawah Tangga Rumah Jadi Dapur Cantik

Kompas.com - 06/03/2024, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Febal Casa

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah bertingkat seringkali memiliki ruang di bawah tangga yang sayangnya tidak dimanfaatkan dengan baik.

Padahal, area ini sangat bermanfaat terutama bagi yang memiliki luas rumah terbatas. Dengan penataan yang baik, Anda bisa mengubah area bawah tangga menjadi dapur.

Untuk mengubah area kosong dibawah tangga menjadi dapur, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi ukuran dan bentuk ruang.

Baca juga: Tanpa Keluar Banyak Uang, Ini Cara Cerdas Bikin Dapur Terlihat Luas

Seperti dikutip dari laman Febal Casa, ukuran dan bentuk dapur akan bergantung pada jenis dan tata letak tangga yang ada di dalam rumah.

Ada berbagai jenis tangga yang biasanya digunakan oleh kontraktor ketika membangun rumah. Mulai dari tangga dengan struktur tertutup, tangga terbuka, tangga kantilever, tangga linier hingga tangga spiral.

Setiap tangga menciptakan kompartemen berbeda di bawahnya, yang dapat memiliki ketinggian dan sudut yang bervariasi.

Berdasarkan karakteristik ini, solusi yang paling sesuai dapat dipilih, juga dengan mempertimbangkan persyaratan fungsional dan estetika.

Misalnya, Anda dapat mendesain dapur linier di sepanjang dinding di bawah tangga, atau dapur sudut yang memanfaatkan dinding samping tangga.

Dalam beberapa kasus, hanya beberapa elemen saja yang harus dimasukkan, seperti wastafel, kompor atau lemari es, dan elemen lainnya harus ditempatkan di area lain/

Bila berkaitan dengan furnitur, Anda dapat memasukan furnitur standar saja. Semuanya tergantung pada ruang dan anggaran yang tersedia.

Baca juga: Bisakah Mengecat Ubin Keramik di Dinding Dapur Rumah?

Yang penting adalah ukurannya proporsional dengan ukuran ruang di bawah tangga dan tidak menimbulkan penghalang atau hambatan ketika beraktivitas.

Distribusi stop kontak serta air dan gas juga harus diperhatikan. Semuanya harus disesuaikan dengan standar keselamatan dan efisiensi energi.

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah pencahayaan. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat jendela bergaya Perancis pada kompartemen bawah tangga, agar sinar matahari masuk dengan leluasa.

Jika tidak, lampu buatan dapat digunakan, seperti lampu sorot tersembunyi di langit-langit atau lampu gantung di atas permukaan meja dapur.

Untuk membuat dapur bawah tangga menjadi indah dan serasi dengan desain keseluruhan rumah, Anda bisa bermain-main dengan warna, bahan, dan aksesori yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com