Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkirkan Belatung dari Tempat Sampah dengan 3 Bahan Dapur Ini

Kompas.com - 29/09/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berurusan dengan belatung yang berkeliaran di rumah bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Tak hanya terlihat menjijikan, belatung juga membawa banyak bakteri berbahaya yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Belatung sendiri merupakan lalat muda yang masih dalam tahap larva. Setelah lalat bertelur, telur tersebut dengan cepat berubah menjadi belatung, biasanya dalam waktu satu hari.

Diperlukan waktu antara 14 hingga 36 hari agar telur berubah menjadi lalat utuh, artinya jika melihat belatung, Anda harus bertindak cepat.

Baca juga: Ingat! Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Cuka

Bila sudah membuang sampah ke tempat pembuangan dan belatung masih ditemukan pada tempat sampah di rumah, jangan panik.

Dikutip dari House Digest, Anda tak perlu repot mengeluarkan dana untuk membeli pestisida, kerena tiga bahan dapur ini efektif untuk menyingkirkan belatung di tempat sampah Anda.

Garam

Jika Anda menemukan belatung di tempat sampah, segera singkirkan dengan bantuan garam. Seperti semua makhluk hidup, belatung membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Sementara itu, garam bersifat dehidrasi dan dapat menghilangkan kelembaban dan air dalam sistem tubuh, sehingga secara efektif membunuh hewan ini.

Cukup taburkan garam secukupnya di atas tubuh belatung atau permukaan tempat belatung ditemukan. Hama ini pun akan segera mati.

 

Cuka

Untuk menyingkirkan belatung dari tempat sampah, campurkan satu bagian cuka suling putih dengan tiga bagian air hangat.

Selain tempat sampah, saluran pembuangan wastafel bisa menjadi tempat hidup ideal bagi belatung karena banyaknya sisa-sisa makanan yang tersangkut.

Siram larutan cuka baik ke saluran wastafel atau tempat sampah dan diamkan setidaknya selama satu jam. Kadar asam pada cuka sangat efektif untuk membunuh belatung.

Baca juga: Tak Cuma Buat Masak, Garam Juga Bisa Bersihkan Rumah Lho

Kayu manis

Bahan dapur lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah kayu manis. Untuk menyingkirkan belatung, campurkan kayu manis dengan air mendidih dan tuangkan ke tempat sampah.

Dalam waktu 6 jam, kayu manis seharusnya sudah membunuh semua belatung yang ada.

Setelah semua belatung mati, bilas tempat sampah dan desinfeksi sebelum membawanya kembali ke dalam.

Untuk mencegah belatung kembali ke tempat sampah, tempatkan batang kayu manis atau beberapa tetes minyak esensial kayu manis di dasar tempat sampah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com