Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana untuk Kamar Mandi, Cermin Persegi Panjang atau Bulat?

Kompas.com - 20/02/2024, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendekorasi rumah Anda, salah satu elemen terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan cermin.

Kehadiran cermin sangat penting untuk memantulkan cahaya dan dapat membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih besar.

Namun dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bertanya-tanya jenis cermin mana yang terbaik untuk ditempatkan di rumah.

Dua cermin dengan bentuk paling populer adalah persegi panjang dan bulat. Bentuk-bentuk ini tersedia dalam berbagai ukuran, bingkai, dan bahan.

Baca juga: Tips Bikin Cermin Anda Kinclong seperti Baru

Keduanya dapat digunakan untuk menciptakan tampilan unik yang sesuai dengan gaya desain Anda secara keseluruhan. Jadi yang mana yang harus Anda pilih?

Seperti dikutip dari laman Vander Glass, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa memilih bentuk cermin yang tepat. 

1. Sesuaikan bentuk cermin dengan ruang dinding

Saat memilih cermin yang sempurna untuk kamar mandi, menentukan antara bentuk persegi panjang atau bulat bisa jadi sulit.

Meskipun kedua opsi tersebut terlihat bagus, bentuk ruang dinding Anda dapat memainkan peran besar dalam menentukan bentuk cermin mana yang paling cocok untuk kamar mandi.

Cermin persegi panjang adalah pilihan tepat untuk kamar mandi dengan dinding panjang dan sempit, karena memberikan kesan simetri dan keseimbangan.

Di sisi lain, cermin bundar adalah pilihan sempurna untuk kamar mandi dengan dinding melengkung, karena membantu memperhalus sudut dan menciptakan suasana yang lebih hangat.

Baca juga: Tak Hanya Cermin, Karpet Juga Bisa Bikin Ruangan Terlihat Lebih Luas

2. Perhatikan desain kamar mandi

Bentuk cermin kamar mandi akan terlihat sempurna jika didukung oleh desain interior yang ada di dalam ruangan,

Cermin berbentuk persegi panjang sangat cocok jika kamar mandi Anda memiliki desain modern, garis-garis ramping dan minimalis.

Sebaliknya, jika kamar mandi Anda bernuansa lebih tradisional, maka cermin bundar bisa menjadi pelengkap yang tepat.

3. Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Salah satu cara memilih cermin kamar mandi berbentuk bulat dan persegi panjang adalah dengan menganalisis ukuran ruangan.

Jika Anda memiliki kamar mandi yang lebih kecil, cermin bundar adalah pilihan yang tepat karena akan memakan lebih sedikit ruang dan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Sementara itu, cermin persegi panjang adalah pilihan yang bagus jika kamar mandi Anda berukuran lebih besar karena akan memenuhi lebih banyak ruang di dinding dan menciptakan tampilan yang lebih dramatis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com