Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Cat Terbaik untuk Dinding Kamar Mandi, Pilih yang Mana?

Kompas.com - 02/11/2023, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin menghindari kerusakan akibat kelembaban dan pertumbuhan jamur di dinding kamar mandi Anda? Caranya adalah memilih jenis cat terbaik.

Di pasaran, terdapat beberapa jenis cat berdasarkan hasil akhirnya yakni cat matte, cat satin, cat semi gloss serta cat high gloss.

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih, berikut 3 jenis cat terbaik yang bisa Anda aplikasikan di dinding kamar mandi.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Dinding Ini Bisa Bikin Kamar Mandi Anda Lebih Cerah

1. Cat Semi Gloss

Dengan kemampuannya dalam menahan kelembaban, dan melawan jamur, cat semi gloss merupakan jenis cat terbaik untuk dinding kamar mandi.

Cat ini hanya memiliki sedikit kilau, yang memantulkan cahaya dan memungkinkan ruangan bersinar tanpa menjadi terlalu reflektif.

Hasil akhir cat semi gloss dengan kilap yang minim juga membantu mencegah cat gampang terkelupas dan menggelembung.

Selain itu, jenis cat ini juga tahan terhadap goresan, serta mudah dibersihkan dengan air hangat dan larutan pembersih yang lembut.

Baca juga: Cat Dinding di Rumah Mulai Mengelupas? Begini Cara Mengatasinya

2. Cat Glossy

Kemilau cat glossy yang mempunyai tingkat kilap tinggi dapat membantu mengusir kelembaban di area dinding kamar mandi.

Namun karena terlalu mengkilap, cat glossy lebih direkomendasikan untuk diaplikasikan ke area rak atau kusen di kamar mandi.

Cat jenis ini menawarkan hasil akhir yang tahan terhadap jamur dan lumut serta mudah dibersihkan hanya dengan bantuan kain.

Sayangnya, karena hasil akhir yang terlalu mengkilap, ketika diaplikasikan maka ketidaksempurnaan di dinding akan lebih menonjol.

Jadi pastikan untuk menyiapkan dan mengamplas permukaan dinding yang tidak rata terlebih dulu sebelum mengaplikasikan cat. 

 

3. Cat Satin

Lapisan cat satin menawarkan keseimbangan tampilan kilap dan matte yang cocok digunakan di kamar mandi.

Cat satin memiliki tingkat kilap yang lebih rendah daripada semi-gloss serta high gloss, tetapi menawarkan perlindungan yang lebih baik dari cat matte.

Pertimbangkan untuk menggunakan cat dengan finishing satin untuk kamar mandi yang jarang dipakai seperti kamar mandi tamu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com