Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Penggunaan Primer Sebelum Aplikasi Cat Dinding

Kompas.com - 03/04/2023, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Cat primer adalah salah satu produk penting yang digunakan dalam proses pengecatan baik untuk area dinding maupun permukaan furnitur. 

Meskipun tampaknya cat primer hanya menambah biaya dan waktu untuk penyelesaian proyek Anda, namun bisa memberikan hasil yang lebih.

Banyak orang yang masih menganggap, bahwa cat primer hanyalah lapisan cat putih yang tidak berguna di bawah cat berwarna.

Cat primer berfungsi menyegel pori-pori di permukaan yang belum tersentuh cat sebelumnya seperti drywall dan kayu, sehingga cat baru lebih cepat menempel.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis untuk Area Dapur

Lapisan primer juga berfungsi untuk menutupi ketidaksempurnaan terutama pada bagian dinding yang sudah ditambal atau diperbaiki.

Primer adalah alternatif yang lebih murah yang akan mengisi pori-pori dan menyiapkan permukaan untuk dicat.

Selain itu, karena sudah ditutupi oleh cat primer maka lapisan cat baru yang akan diaplikasikan bisa dipulas dalam satu atau dua lapisan saja.

Jika Anda ingin mengubah warna cat dinding dan tidak mengaplikasikan primer terlebih dahulu, maka warna lama akan menyatu dengan warna baru.

Baca juga: Begini Cara Tepat Memilih Warna Cat Interior Rumah

Hal ini membuat Anda akan mendapatkan warna yang merupakan kombinasi dari keduanya. Jadi kemungkinan besar bukan seperti warna yang diinginkan.

Penggunaan cat primer akan membantu Anda mendapatkan warna yang tepat karena bisa mengembalikan permukaan menjadi putih. Tahapan ini sangat penting jika Anda beralih dari warna gelap ke warna terang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com