Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tagihan Listrik tak Membengkak Karena AC, Terapkan Beberapa Tips Ini

Kompas.com - 08/10/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika suhu udara sedang panas, AC merupakan salah satu barang elektronik yang terus dinyalakan selama satu hari penuh.

Meskipun bisa memberikan kenyamanan, AC yang bekerja secara terus menerus bisa membuat tagihan listrik di rumah Anda meningkat.

Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan agar tagihan listrik di rumah tidak membengkak seperti dikutip dari laman Metropolitan Air Conditioning.

Baca juga: 5 Tanda yang Muncul Ketika Kondensor AC Alami Kerusakan

1. Sesuaikan pengaturan termostat

Jika termostat Anda disetel ke mode “Aktif”, ini memberitahukan unit Anda untuk terus bekerja tanpa mati.

Pastikan setel termostat ke mode “Otomatis”, agar AC bisa otomatis mati ketika mencapai suhu yang diinginkan.

Selain itu, pastikan suhu yang Anda tidak disetel terlalu rendah agar bisa dengan mudah menyesuaikan dengan suhu di luar.

2. Gunakan pengatur waktu

Memilih untuk tidak menyalakan AC sepanjang hari dan malam bukan berarti Anda harus masuk ke rumah dan merasa kepanasan.

Anda dapat mengatur unit AC agar menyala pada suhu tertentu untuk memastikan rumah Anda tidak terlalu panas ketika Anda berada di luar rumah.

Anda juga dapat menyetel pengatur waktu atau menggunakan teknologi pintar untuk menyalakan pendingin sehingga ruangan akan menjadi sejuk ketika Anda tiba di rumah.

 

3. Jaga kebersihan filter udara

Cara sederhana lainnya untuk memastikan unit AC Anda bekerja secara efisien adalah dengan membersihkan atau mengganti filter udara yang sudah kotor.

Filter udara yang tersumbat akan mengganggu aliran udara di dalam rumah Anda. Unit AC Anda akan dipaksa bekerja lebih keras dan lebih sering untuk mencapai suhu yang Anda inginkan.

Filter udara yang kotor juga tidak baik untuk kualitas udara. Sebaiknya bersihkan filter udara di AC minimal satu hingga dua bulan sekali.

Baca juga: Termasuk Lidah Mertua, Nih Tanaman Hias yang Tahan Banting di Ruangan Ber-AC

4. Tutup pintu dan jendela

Cara lain untuk memastikan AC Anda bekerja secara efisien adalah memastikan jendela dan pintu Anda sudah tertutup terisolasi dengan baik.

Jika tidak, udara panas dan lembab secara bertahap akan masuk ke dalam rumah Anda, sehingga memaksa AC Anda bekerja lebih keras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com