Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Ruang Tamu Lebih Menawan dengan Tanaman Hias 'Indoor'

Kompas.com - 19/09/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda sang pecinta alam, sudah saatnya membuat ruang tamu terlihat menawan dengan menempatkan tanaman hidup di dalamnya.

Tanaman artifisial memang lebih mudah dirawat. Namun kehadiran tanaman hias yang masih hidup bisa membuat ruangan terlihat lebih segar.

Sebelum mendekorasi ruang tamu Anda dengan tanaman hias, berikut 3 tips yang bisa diterapkan seperti dikutip dari laman Bloom Scape.

Baca juga: 3 Posisi Penempatan Lukisan Terbaik di Ruang Tamu

1. Tempatkan tanaman yang bervariasi

Untuk membuat tampilan ruang tamu lebih semarak dan menarik, tempatkan beberapa jenis tanaman di dalam ruang tamu.

Anda bisa memilih tanaman dengan ukuran, warna, jenis dan tekstur yang berbeda-beda.

Jangan takut untuk memilih tanaman yang berani dan berwarna-warni seperti bromelia pink terlebih jika dekorasi ruang tamu Anda berwarna netral.

 

2. Gunakan tanaman sebagai titik fokus ruangan

Jika ruang tamu Anda berukuran besar atau jarang memiliki furnitur, isi celah visualnya dengan tanaman besar seperti pohon bambu hias atau tanaman burung cendrawasih.

Bila Anda adalah keluarga yang sering bepergian, sebaiknya pilih tanaman yang minim perawatan seperti Zamioculcas atau dikenal sebagai Zanzibar Gem.

Selain memberikan dampak instan pada tampilan ruang tamu, berinvestasi pada tanaman yang lebih besar juga bisa menghemat waktu.

Tanaman dalam pot besar cenderung memiliki waktu penyiraman yang lebih lama dibandingkan tanaman dalam pot kecil. Itu berarti frekuensi penyiraman yang harus dilakukan pun lebih sedikit .

Baca juga: Tips Memelihara Tanaman Tropis di Halaman Depan Rumah

3. Pilih tanaman yang aman bagi anak-anak dan hewan peliharaan

Penting untuk memastikan tanaman indoor di dalam ruang tamu aman bagi hewan peliharaan dan anak-anak.

Pilih tanaman yang lebih besar yang tidak dapat diambil dan dimainkan oleh si kecil seperti pohon uang. Hindari juga menempatkan tanaman berduri seperti kaktus.

Jika Anda ingin memiliki tanaman yang indah tetapi ragu dengan sifat beracunnya, pertimbangkan untuk menggantung tanaman atau menempatkannya pada dudukan yang lebih tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com