Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Permadani di Ruang Tamu Harus Dibersihkan?

Kompas.com - 21/07/2023, 11:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com -Permadani bisa menambahkan sentuhan dekorasi ke dalam sebuah ruangan, membantu menentukan ruang, dan menambah kehangatan bagi para penghuni rumah.

Terbuat dari beragam bahan seperti wol atau serat sintetis, pada akhirnya permadani perlu dibersihkan agar tetap terawat. 

Membersihkan permadani yang ada harus dilakukan dengan hati-hati terutama untuk melindungi lantai yang ada di bawahnya.

Seperti dikutip dari The Spruce, penyedotan debu pada permadani harus dilakukan setidaknya seminggu sekali atau tiga kali seminggu agar debu dan kotoran tidak menembus lebih dalam ke serat permadani.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Karpet dan Permadani

Jika pasir dan kotoran dibiarkan masuk ke dalam serat, lapisan belakang permadani bisa rusak dan akan menimbulkan goresan pada lantai di bawahnya.

Tumpahan cairan dan kotor akibat hewan peliharaan harus segera dibersihkan. Kelembaban dapat merembes melalui permadani dan bantalan pelindung di bawahnya ke area lantai.

Kelembaban akan terperangkap dan bisa meninggalkan bekas air terutama pada lantai yang terbuat dari kayu.

Setiap permadani harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya dua kali setahun atau lebih sering ruang tamu Anda sering digunakan.

Jika Anda sudah merencanakan untuk memiliki permadani di rumah, sebaiknya berinvestasilah kepada penyedot debu. Ini akan sangat membantu Anda menghilangkan debu pada permadani secara maksimal.

Untuk pembersihan, sedot permadani dengan penyedot debu yang dilengkapi tangkai penyedot yang bisa mengendurkan dan menyedot kotoran.

Baca juga: Karpet di Rumah Ketumpahan Kuah Rendang? Begini Cara Hilangkan Nodanya

Jika permadani cukup kecil, sedot bagian atas kemudian balik permadani untuk menyedot bagian bawah.

Bila memungkinkan, bawa permadani ke luar ruangan dan goyangkan dengan baik. Setelah itu, vakum atau pel debu lantai yang tertinggal di bawah permadani.

Saat Anda membersihkan permadani secara menyeluruh, ingatlah untuk melepas bantalan pelindung di bawah permadani dan bersihkan juga.

Untuk pembersihan secara menyeluruh, Anda dapat mencuci permadani dengan bantuan sabun khusus karpet. Opsi lainnya, gunakan steamer karpet yang bisa Anda sewa. 

Setelah dibersihkan, jemur permadani di area yang tidak terkena matahari lalu biarkan mengering. Tergantung ukuran , waktu pengeringan bisa mencapai 48 jam.

Anda harus bersabar dan memastikan permadani benar-benar kering sebelum meletakkannya kembali di lantai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com