Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat! Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Cuka

Kompas.com - 13/07/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Cuka merupakan salah satu bahan dapur paling serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan rumah.

Mulai dari lantai sampai dengan dinding, campuran cuka murni dan air sangat efektif membersihkan berbagai hal.

Meskipun adalah bahan pembersih yang sangat baik, sifat asam cuka dapat merusak beberapa jenis permukaan barang sehingga harus dihindari.

Seperti dikutip dari laman Real Simple, berikut 5 hal yang tidak boleh dibersihkan menggunakan cuka.

Baca juga: Hanya Butuh Cuka, Keramik Kamar Mandi yang Kusam pun Jadi Kinclong

Barang elektronik

Meskipun cuka bekerja dengan baik untuk membersihkan jendela, cuka akan merusak lapisan anti silau pada layar televisi, ponsel, dan monitor komputer.

Untuk permukaan kaca pada benda-benda elektronik, sebaiknya gunakan pembersih kaca yang dirancang khusus untuk permukaan tersebut.

Meja dan lantai dari batu alam

Meskipun meja dan lantai batu alam yang ada di rumah Anda telah disegel dengan lapisan pelindung, Anda tidak boleh menggunakan cuka untuk membersihkan material granit, marmer, atau batu kapur.

Tingkat asam di dalam cuka terlalu kuat untuk bahan dan dapat menyebabkan goresan atau kerusakan pada lapisan pelindung.

Anda akan lebih baik menggunakan pembersih serba guna komersial agar lantai dan permukaan meja batu alam Anda berumur panjang.

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Layaknya Seorang Profesional

Besi cor

Cuka dapat menyebabkan lubang dan karat pada permukaan besi cor atau besi tuang karena dapat menghilangkan minyak pelindung besi.

Pisau dan peralatan dapur stainless steel

Cuka dengan konsentrasi asam yang tinggi dapat menyebabkan lubang pada bilah peralatan dapur stainless steel terutama jika dibiarkan terpapar cukup lama.

Gasket dan selang karet

Cuka yang tidak diencerkan terlalu kuat jika terkena gasket dan selang karet di beberapa peralatan kecil, mesin pencuci piring atau mesin cuci.

Konsentrasi asam yang terlalu tinggi pada cuka murni dapat menyebabkan beberapa jenis karet hancur dan berlubang.

Periksa manual perlatan di rumah Anda sebelum menggunakan cuka untuk membersihkan bagian dalam atau luar. Jangan lupa encerkan cuka sesuai petunjuk yang dianjurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com