Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Buat Lantai Mezzanine di Rumah? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

Kompas.com - 10/07/2023, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comLantai mezzanine merupakan cara elegan untuk menambah dimensi dan ruang ekstra pada rumah yang memiliki lahan terbatas.

Model lantai yang sedang populer seiring perkembangan arsitektur modern ini cocok digunakan untuk kamar tidur maupun ruang kerja.

Kendati begitu, jika Anda ingin membuat lantai mezzanine di rumah, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Pertimbangan-pertimbangan ini akan sangat membantu dalam perencanaan pembangunan lantai mezzanine agar tidak menimbulkan masalah kemudian hari.

1. Keamanan

Keselamatan adalah faktor paling penting yang wajid dipertimbangkan saat hendak membangun lantai mezzanine.

Jenis tangga atau anak tangga yang menuju ke lantai mezzanine harus memiliki pegangan tangan.

Baca juga: Seberapa Efisienkah Punya Mezzanine di Rumah? Berikut Ulasannya

Terlebih lagi, jika posisinya berada di tengah lantai terbuka, Anda perlu memastikan adanya pagar untuk menjauhkan orang dari tepi.

Dalam hal ini, Anda sangat disarankan mendiskusikan keselamatan sebagai bagian dari proses perencanaan dengan mencari nasihat profesional.

2. Lokasi

Sebuah mezzanine biasanya berfungsi paling baik di atas ruang tamu yang tidak memerlukan langit-langit tinggi atau banyak sinar matahari seperti dapur atau kamar mandi.

Mezanine juga berfungsi paling baik jika hanya menempati satu bagian dari ruang besar, sehingga elemen dengan ketinggian ganda tetap ada dan mendominasi.

3. Tinggi Ruangan

Tidak semua ruangan bisa ditambahkan lantai mezzanine. Umumnya mezzanine terletak di dalam ruang atap atau ruangan yang tinggi.

Idealnya, membutuhkan minimal 2,2 meter di bawah lantai mezzanine, ditambah ketebalan lantai 250 mm, dan ketinggian ruang mezzanine minimal 1,6 meter hingga 1,8 meter.

4. Perubahan Struktural

Lantai mezzanine dapat menambah bobot ekstra pada dinding penyangga bangunan dan strukturnya. Ini terkadang berarti mengubah langit-langit dan atap yang ada.

5. Ventilasi

Ruang mezzanine dapat menjadi panas karena suhu di luar meningkat.

Jadi, perhitungkan penempatan ventilasi yang tepat serta penggunaan sistem pendingin untuk menjaga area tetap nyaman dan sejuk.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com