Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pasang Keramik di Dinding Kamar Mandi? Wajib Tahu Kekurangannya

Kompas.com - 10/07/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin keramik merupakan salah satu material yang bisa menjadi opsi penutup dinding di kamar mandi Anda.

Meskipun sangat tahan lama, penggunaan keramik di dinding kamar mandi juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut deretan kekurangan pemasangan ubin keramik di dinding kamar mandi yang perlu Anda pertimbangkan.

Baca juga: Panduan Memilih Ubin Keramik untuk Dinding Kamar Mandi

Kerumitan instalasi

Proses pemasangan ubin keramik di dinding kamar mandi cukup sulit dilakukan. Prosesnya membutuhkan perencanaan yang cermat, alat khusus, dan banyak bahan untuk menempelkan keramik ke dinding.

Karena prosesnya yang sulit, Anda harus menggunakan jasa seorang profesional. Jadi selain biaya ubin Anda, Anda juga harus memperhitungkan biaya seorang tukang ubin.

Butuh persiapan

Tidak seperti panel dinding PVC, yang dapat dipasang pada permukaan dinding yang kasar atau bahkan di atas penutup dinding yang ada, saat memasang keramik Anda butuh permukaan yang halus dan rata.
Ini berarti Anda perlu menghaluskan area dinding yang akan dipasangi keramik hingga menjadi rata.

Proses ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak sehingga Anda harus menyediakan waktu khusus untuk melaksanakan proyek ini.

 

Rentan rusak

Begitu berada di dinding, ubin keramik rentan terhadap kerusakan. Material ini dapat pecah atau retak jika ada yang tergores atau tertimpa benda berat.

Bila kerusakan terjadi, maka cukup sulit untuk melakukan perbaikan. Mengganti ubin mungkin merupakan satu-satunya pilihan yang mana akan memakan biaya lebih.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Keramik Kamar Mandi Terbebas Dari Noda dan Jamur

Harga

Dibandingkan dengan penutup dinding lainnya, penggunaan ubin keramik merupakan pilihan yang paling mahal.

Mulai dari biaya ubin keramik hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk mempekerjakan seorang profesional untuk pemasangan.

Sulit dihilangkan

Jika ubin keramik di dinding kamar mandi Anda pecah, atau jika Anda ingin mendesain ulang dinding kamar mandi, maka menghilangkan ubin keramik tidak mudah dilakukan.

Saat proses pemasangan, ubin keramik dipasang ke dinding dengan perekat dan nat yang kuat di antara ubin agar tetap di tempatnya dan kedap air.

Karena itu, sangat penting untuk memilih ubin dengan desain yang abadi agar bisa tetap terlihat trendy setelah bertahun-tahun pemasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com