Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Pagar Kayu di Rumah Berubah Hijau? Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 26/06/2023, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagar kayu merupakan salah satu pilihan pagar yang memberikan kesan elegan pada setiap rumah yang memilikinya.

Namun seiring berjalannya waktu, pagar kayu yang awalnya berwarna coklat, bisa perlahan-lahan berubah warna menjadi hijau.

Setidaknya ada dua alasan utama mengapa terjadi perubahan warna tersebut yakni karena ganggang hijau dan jamur.

Ganggang hijau merupakan masalah umum yang sering dijumpai pada pagar kayu. Organisme ini dapat tumbuh subur pada permukaan yang basah dan teduh.

Baca juga: Pagar Kayu Kotor? Begini Cara Jitu Membersihkannya

Sama seperti ganggang hijau, jamur juga bisa tumbuh subur pada pagar kayu yang basah dan lembab. Ini bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada kayu jika dibiarkan terlalu lama.

Ada beberapa cara yang cukup mudah untuk membuat pagar Anda bebas dari warna hijau yang menggangu secara estetika.

Cara pertama adalah dengan melakukan pencucian pagar dengan bantuan mesin penyemprot air bertekanan tinggi (power wash).

 

Cara ini hanya efektif jika jamur dan lumut tidak menyebabkan kerusakan internal pada struktur pagar. Jika kayunya retak, terkikis, dan hancur berantakan, cara ini tidak akan banyak membantu.

Jika memutuskan untuk menggunakan alat ini, pastikan Anda menggunakan larutan pemutih untuk membunuh ganggang dan jamur yang tumbuh di pagar.

Baca juga: Agar Tetap Awet, Ketahui Tips Perawatan Pagar Besi

Bila Anda tidak memiliki mesin penyemprot air, maka Anda bisa melakukan proses penyikatan secara manual. Gunakan sikat berbahan nylon agar tidak merusak struktur kayu. 

Sikat seluruh permukaan pagar dengan tambahan deterjen hingga benar-benar bersih. Anda bisa melapisi pagar dengan larutan pemutih untuk mencegah pertumbuhan ganggang dan jamur kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com