Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih Keuntungan Punya Pagar Rumah dari Material Bambu

Kompas.com - 24/06/2023, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran pagar rumah sangat penting. Tak hanya untuk memberikan tambahan privasi bagi penghuni rumah, namun juga berperan untuk menambahkan estetika di bagian eksterior.

Jika Anda telah mempertimbangkan untuk memasang pagar rumah namun hanya punya dana yang minim, maka pagar bambu mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika membangun pagar rumah dari material bambu seperti dikutip dari laman Forever Bamboo.

Harganya terjangkau

Tidak seperti material kayu keras, pagar dari bambu memiliki harga yang relatif murah. Tiang atau gulungan pagar harganya terjangkau, dan mudah dipasang.

Baca juga: Menakjubkan, Kreasi Unik Arsitektur Rumah Bambu di Bali

Memasang pagar bambu bisa dilakukan sendiri dan tidak butuh kontraktor khusus sehingga tak perlu biaya tambahan.

Total biaya proyek akan tergantung pada berapa banyak pagar yang Anda perlukan, warna dan gaya bambu yang dipilih, serta ketinggian pagar yang diinginkan.

Ramah lingkungan

Bambu merupakan salah satu material bangunan yang bisa tumbuh dalam kurun waktu singkat bila dibandingkan dengan waktu pertumbuhan sebuah pohon.

Ini membuatnya menjadi produk bangunan yang ramah lingkungan, karena bahan bakunya mudah tumbuh.

Saat membangun pagar bambu di rumah, maka Anda membuat pilihan untuk membantu planet ini sambil mempercantik properti Anda.

 

Mudah dipasang

Pengerjaan pagar bambu cukup mudah dilakukan. Pemilik rumah dengan keterampilan terbatas pun dapat memasang pagar, yang tersedia dalam bentuk tiang tunggal atau gulungan pagar.

Pemasangan pagar tidak memerlukan banyak pembantu, atau kontraktor yang terampil. Bahkan, sebagian besar pemilik rumah dapat memasang pagar sendiri selama akhir pekan.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Harus Mengecat Pagar Rumah Minimalis dengan Warna Hitam

Tersedia dalam berbagai warna dan gaya

Pagar bambu juga tersedia dalam berbagai warna, gaya, dan ketinggian. Anda bisa menyesuaikan ukuran pagar dengan pilihan.

Pagar bambu siap pakai di pasaran juga tersedia dalam berbagai pilihan warna. Mulai dari warna hitam pekat, warna coklat madu atau warna bambu alami.

Anda juga dapat memutuskan apakah Anda lebih suka memiliki batang bambu utuh atau bambu belah, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan hunian dengan lebih baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com