Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Jitu Menghilangkan Karat dari Pagar Besi Minimalis

Kompas.com - 20/06/2023, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun menawarkan tampilan yang elegan, pagar besi minimalis yang ada di rumah rentan terkena karat.

Namun, tak hanya pagar besi minimalis, pagar yang terbuat dari baja serta perpaduan besi dan baja juga muda berkarat.

Bila tanda-tanda karat mulai muncul, langkah penanganan harus segera dilakukan agar pagar besi minimalis bisa kembali bersih.

Karat sendiri bisa muncul ketika reaksi kimia yang disebut oksidasi. Material yang berkarat akan dilapisi dengan oksida besi terhidrogenasi berwarna coklat kemerahan dan berbentuk sisik keras.

Baca juga: Agar Tetap Awet, Ketahui Tips Perawatan Pagar Besi

Agar tampilan pagar besi minimalis tetap terlihat cantik selama bertahun-tahun, sangat penting untuk menyingkirkan karat sebelum mengecat ulang.

Cara paling efektif untuk menghilangkan karat dari permukaan logam yaitu dengan menggunakan bantuan sikat kawat dan gerinda kipas yang dipasang di bor tangan.

Cara ini terbukti jauh lebih efisien, lebih cepat, dan tidak terlalu berat daripada pengerjaan logam manual. Saat bekerja, pastikan Anda menjangkau semua tempat yang sulit dijangkau dengan sikat.

Ingat, jika tidak dipersiapkan dengan baik untuk pengecatan, karat akan muncul kembali dalam waktu yang sangat singkat.

Saat bekerja dengan perkakas listrik yang memiliki kecepatan lebih tinggi, jaga juga keselamatan Anda. Sangat direkomendasikan penggunaan sarung tangan dan kacamata pelindung yang sesuai.

Baca juga: Cara Jitu Hilangkan Karat di Bagian Dalam Kulkas

Namun, jika tidak memiliki alat seperti itu, sikat kawat dan amplas bisa menjadi alat alternatif untuk menghilangkan karat dan cat lama dari pagar besi minimalis.

Setelah Anda yakin bahwa Anda telah menyingkirkan karat dan cat lama di seluruh area pagar, aplikasikan Ferrosan terlebih dahulu ke permukaan yang ingin Anda cat.

 

Ferrosan adalah senyawa serbaguna untuk menghilangkan residu karat dari permukaan besi yang berkarat.

Karena memiliki sifat penghambat korosi, ferrosan menawarkan perlindungan jangka pendek terhadap karat. Cara kerjanya yaitu bereaksi dengan oksida besi dan mengubah karat menjadi lapisan pelindung.

Setelah permukaan pagar benar-benar kering, tidak berdebu dan padat, maka tandanya pagar siap dilapisi cat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com