Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara yang Tepat Membersihkan Kursi Rotan di Rumah Anda

Kompas.com - 01/06/2023, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kursi rotan merupakan salah satu jenis furnitur yang dapat memberikan nuansa tradisional dalam hunian.

Karena ketahannya terhadap perubahan cuaca yang ekstrim, kursi rotan sering ditempatkan di luar ruangan rumah.

Untuk memperpanjang usia kursi rotan terutama yang ada di luar ruangan, belilah sarung penutup. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kepudaran. Selain itu, lakukan pembersihan secara rutin.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Kursi Rotan di Rumah

Untuk pembersihan rutin, sedot kotoran yang ada di permukaan kursi rotan. Kemudian cuci dengan air sabun yang dicampur dengan 1 atau 2 sendok teh amonia.

Gunakan bantuan sikap lembut agar seluruh permukaan bisa dijangkau. Setelah itu, bilas bersih dan biarkan kursi tersebut mengering di luar di bawah sinar matahari.

Untuk area kursi yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Ukurannya yang kecil memudahkan sikat gigi menjangkau sudut-sudut kecil.

 

Jika ada noda makanan, tumpahan minuman, atau bekas kaki berlumpur pada kursi rotan, bagian tersebut harus dibersihkan sesegera mungkin.

Jangan mencoba menghilangkan noda ini karena akan mendorong materi lebih dalam ke serat rotan.

Gunakan sikat gigi untuk membantu Anda melepaskan noda yang telah mengering. Kemudian, basahi kain mikrofiber dan teteskan cairan pencuci piring pada kain tersebut.

Baca juga: Cara Tepat Hilangkan Noda Tinta dari Furnitur Kulit

Lap bagian yang terkena noda. Lap dengan kain yang telah dibasahi dengan air segar dan biarkan area tersebut mengering dengan sendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com