Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet di Rumah Ketumpahan Kuah Rendang? Begini Cara Hilangkan Nodanya

Kompas.com - 22/04/2023, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com -Rendang merupakan salah satu sajian yang ditemukan di hampir sebagian besar rumah masyarakat Indonesia saat Hari Raya Lebaran.

Cita rasanya yang kaya dan lezat, menjadikan makanan asal Sumatera Utara ini sebagai salah satu hidangan favorit keluarga.

Meskipun demikian, kuah rendang bisa meninggalkan bekas noda yang membandel terutama bila tak sengaja tumpah pada karpet berwarna terang.

Baca juga: Minuman Soda Tumpah di Atas Karpet? Begini Cara Tepat Membersihkannya

Nah, agar karpet Anda bisa kembali bersih seperti semula segera bersihkan ketika ada tumpahan kuah rendang.

Gunakan pisau atau sendok tumpul itu untuk mengangkat semua padatan yang Anda bisa. Berhati-hatilah agar tidak menggosok permukaan karpet karena noda bisa menyebar.

Setelah itu, buatlah larutan pembersih dengan mencampurkan cairan pencuci piring dengan air dingin dengan perbandingan 1 sendok cairan pencuci piring berbanding 2 cangkir air. Aduk sampai tercampur rata.

 

Semprotkan larutan sabun ke area karpet yang terkena noda lalu biarkan meresap selama lima menit.

Setelah itu, gunakan kain bersih atau handuk kertas untuk menyeka larutan tersebut hingga kering. Ulangi sampai tidak ada lagi warna yang berpindah ke kain.

Selanjutnya, pakai kain basah dan lap area karpet yang baru saja dibersihkan untuk mengangkat semua sisa sabun.

Keringkan kembali area tersebut dengan handuk kertas sampai semua kelembaban terserap. Jemur karpet di bawah panas matahari dan biarkan karpet mengering dengan sendirinya.

Baca juga: Seberapa Sering Anda Harus Membersihkan Karpet di Rumah?

Meski menghilangkan noda makanan berminyak seperti rendang atau kari terkenal sulit dibersihkan, hal itu tetap bisa dilakukan.

Kuncinya adalah penanganan sesegera mungkin setelah terjadi tumpahan. Ketika Anda belum berhasil menyingkirkan noda, kemungkinan besar Anda membutuhkan bantuan dari pembersih karpet profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com