Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Memilih Kipas Gantung untuk Plafon Minimalis

Kompas.com - 14/11/2022, 17:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA,KOMPAS.com - Untuk Anda yang tinggal di daerah beriklim tropis, pemasangan kipas angin gantung di plafon minimalis sangat membantu menyejukan rumah terutama saat musim panas tiba.

Dewasa ini, kipas gantung untuk plafon minimalis sudah dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru yang lebih hemat energi dari sebelumnya.

Bahkan desainnya pun sudah diperbaharui sehingga cocok digunakan di plafon minimalis pada rumah-rumah modern. Untuk membantu Anda memilih kipas plafon, simak beberapa tips berikut.

Baca juga: Anti Repot, Begini Cara Bersihkan Kipas Angin Tanpa Dibongkar

Ukuran

Ukuran adalah faktor yang sangat penting dalam memilih kipas gantung yang nantiya dipasang pada plafon rumah Anda.

Jika kipas terlalu kecil, maka tidak akan memindahkan udara secara efisien atau efektif. Jika terlalu besar, maka Anda bisa merasa seperti berada di dalam terowongan angin.

Anda bisa menentukan ukuran kipas dari rentang bilahnya. Untuk kipas plafon dengan jumlah bilah genap, ukur diameter kipas untuk menentukan rentangnya.

Untuk kipas langit-langit dengan jumlah bilah ganjil, ukur dari bagian tengah kipas hingga ujung bilah, dan kalikan dengan dua.

Ketinggian pemasangan

Secara umum, para ahli mengatakan, idealnya, kipas plafon harus berada pada ketinggian 2 sampai 2,5 meter di atas tanah. Ketinggian tersebut dinilai sangat optimal untuk pergerakan udara.

Preferensi pribadi, selain ketinggian, kemiringan plafon juga dapat mempengaruhi jarak pemasangan kipas.

Baca juga: Cara Mendekorasi Plafon Minimalis di Kamar Tidur Si Kecil

Beli kipas berkualitas tinggi

Kipas angin plafon adalah peralatan rumah tangga yang bekerja keras. Karena itu, Anda harus memilih kipas yang berkualitas.

Salah satu faktor yang menentukan kualitas kipas ada mesin yang ada di dalamnya. Mintalah rekomendasi pada kontraktor bangunan manakah merek kipas gantung yang paling bagus. 

Kipas angin yang baik akan memiliki keseimbangan yang baik dan tidak akan bergoyang atau mengeluarkan suara, bahkan setelah digunakan selama beberapa dekade. 

Kontrol

Meskipun tarikan kabel kipas angin di plafon masih menjadi pilihan, kontrol yang dipasang di dinding atau remote bisa menjadi fitur andalan.

Banyak kontrol dinding modern bekerja melalui frekuensi radio. Jadi mereka benar-benar berfungsi seperti remote kontrol di dinding Anda.

Sistem yang lebih baru bahkan menggunakan teknologi bluetooth, sehingga kipas dapat dikontrol oleh aplikasi di ponsel Anda.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com