Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Warna Cat Rumah yang Sejuk atau Hangat?

Kompas.com - 28/10/2022, 08:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Warna cat rumah yang sejuk bisa menjadi pilihan Anda untuk memberikan tampilan yang lebih segar pada sebuah hunian.

Anda dapat menemukan berbagai jenis warna cat rumah yang sejuk dengan mudah seperti warna biru, hijau, dan ungu muda.

Warna cat rumah yang sejuk secara tidak langsung dapat membuat ruangan terasa lebih tenang karena mengingatkan kita pada tampilan air, langit, serta es.

Baca juga: Apa Saja Warna Cat Rumah yang Sejuk?

Cat dengan palet yang sejuk berbanding terbalik dengan warna-warna hangat, di mana warnanya mengingatkan Anda tentang panas dan sinar matahari.

Palet warna hangat terdiri dari warna oranye, merah, kuning, dan kombinasi dari warna-warna yang mirip dengan ketiga warna diatas.

Jadi manakah jenis cat yang harus dipilih? 

Pemilihan cat rumah bisa Anda tentukan sesuai kebutuhan ruang dan kondisi iklim tempat Anda berdomisili.

Secara visual, warna-warna sejuk memiliki tampilan yang lebih pudar sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk ruangan yang kecil agar terlihat lebih besar.

 

Pemilihan jenis warna dapat menentukan suasana pada hunian misalnya membuat ruangan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki cuaca panas sepanjang tahun, Anda mungkin lebih suka ruangan Anda dicat dengan warna-warna sejuk.

Sebaliknya, bila Anda ingin merasa lebih hangat bila tinggal di daerah yang dingin, maka warna- warna hangat bisa membantu menciptakan suasana tersebut.

Perlu diingat ketika hendak memilih jenis warna sebaiknya tidak digunakan terbatas untuk satu ruangan saja.

Jika seluruh hunian diaplikasikan kelompok warna yang sama, misalnya warna sejuk saja, maka justru akan terlihat membosankan dan dingin. 

Baca juga: Agar Kombinasi Warna Cat Rumah Berhasil, Ikuti Aturan Ini

Untuk menciptakan suasana yang nyaman di rumah, gunakan warna-warna hangat dengan lebih dominan dan tambahkan beberapa elemen yang menggabungkan warna-warna sejuk.

Seperti semua elemen dekorasi pada umumnya, maka sangat penting untuk memiliki keseimbangan dan kontras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com