Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Renovasi Rumah Membengkak, Ini Cara Mengakalinya

Kompas.com - 26/10/2022, 17:00 WIB
Monica Noviola,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Mengatasi perbaikan rumah bisa terasa luar biasa, terutama dalam hal biaya. Faktanya, penelitian menunjukkan, membayar perbaikan rumah adalah salah satu dari tiga tantangan teratas.

Di bawah ini merupakan jawaban ahli untuk pertanyaan umum tentang anggaran renovasi rumah, sebagaimana dirangkum dari The Spruce:

Apa perbaikan paling umum yang dihadapi pemilik rumah?

Dari atap baru hingga peningkatan pipa ledeng, mungkin akan mengalami sejumlah perbaikan. Sebagian besar akan tergantung pada usia rumah dan berapa lama Anda menghuninya.

Jika rumah Anda relatif baru, perbaikan kemungkinan akan minimal untuk beberapa tahun pertama. Ini termasuk memperbaiki keran bocor, membuka penutup pembuangan sampah, atau menambal bagian drywall.

Jika rumah Anda lebih tua, perbaikan yang lebih substansial mungkin diperlukan seperti peningkatan instalasi listrik, mengganti jalan masuk, atau bahkan memperbaiki fondasi.

Perbaikan mana yang akan memiliki dampak terbesar pada nilai jual rumah?

Sebagian besar perbaikan dapat meningkatkan kualitas hidup, dan beberapa perbaikan lainnya juga dapat meningkatkan nilai rumah Anda.

Nah, yang paling umum adalah meliputi:

  • Renovasi kamar mandi dan dapur
  • Perbaikan eksterior hingga terlihat baru
  • Meningkatkan peralatan besar
  • Memperbaiki ruang bawah tanah
  • Penambahan dek atau teras

Meskipun proyek-proyek ini cenderung lebih mahal, pengembalian investasi bisa signifikan. Studi menunjukkan bahwa pemilik rumah sering mengalami impas atau menutup lebih dari 100 persen biaya yang terkait dengan renovasi dapur dan kamar mandi.

Jika meningkatkan nilai jual kembali rumah penting bagi Anda, memprioritaskan beberapa perbaikan ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang baik.

Apa cara terbaik untuk membiayai perbaikan rumah?

Membayar perbaikan rumah bisa jadi menantang, tetapi perencanaan ke depan dapat menghilangkan kekhawatiran membengkaknya anggaran.

Untuk perbaikan yang lebih kecil mulai dari Rp 7 juta hingga Rp 15 juta, Anda dapat menggunakan tabungan atau kartu kredit. Untuk perbaikan yang lebih substansial, opsi pembiayaan yang tepat dapat membuat perbedaan besar.

Menjadi pemilik rumah baru atau pemilik rumah yang sudah bertahun-tahun, dengan mempertahankan investasi dan bahkan menambah nilai pada rumah Anda, adalah cara yang bagus untuk menghindari membengkaknya biaya renovasi pada waktu mendatang.

Dengan memiliki rencana yang jelas, memprioritaskan proyek-proyek penting, dan mengetahui opsi pembiayaan, Anda dapat menangani perbaikan apa pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com