Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Ini Sebelum Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai

Kompas.com - 19/10/2022, 21:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Tipe desain rumah minimalis memiliki tampilan yang modern dan elegan. Karena itu, banyak orang yang mengadopsinya menjadi desain hunian mereka.

 

Bagi yang tinggal di daerah perkotaan, terkadang masih ragu untuk membangun rumah minimalis karena lahan yang tersedia cukup terbatas.

Rumah minimalis 2 lantai sebenarnya adalah pilihan yang tepat. Namun sebelum melangkah lebih jauh, pemilik rumah harus mempertimbangkan semua hal dengan matang.

Apakah keputusannya untuk membangun rumah 2 lantai sudah tepat? Atau sebaiknya tetap membangun rumah tanpa lantai tambahan?

Dikutip dari The Minimalist House, ukuran luas tanah mungkin menjadi faktor utama dalam memutuskan untuk membangun rumah dua lantai atau tidak.

Baca juga: Mengupas Maisonet, Model Hunian di Perkotaan dengan Lahan Terbatas

Berdasarkan aturan, jika Anda memiliki area yang kecil, makan akan lebih menguntungkan untuk membangun rumah dengan 2 lantai.

Jika hanya membangun rumah satu lantai di area yang sama, maka mungkin Anda hampir tidak memiliki halaman atau taman belakang. 

Selanjutnya soal biaya. Karena lebih banyak material yang digunakan, maka pembangunan rumah dua lantai akan membutuhkan biaya lebih besar.

 

Meskipun demikian, perbedaan biaya tidak terlalu signifikan karena pengeluaran yang paling besar biasanya dialokasikan untuk pembuatan pondasi rumah.

Pertimbangan selanjutnya adalah soal desain. Biasanya rumah satu lantai memiliki kerumitan desain yang lebih tinggi dibanding rumah dua lantai.

Baca juga: Pintu yang Cocok untuk Garasi Mobil Rumah Kecil

Arsitek atau kontraktor bangunan harus merancang tata letak ruang-ruang yang dibutuhkan agar sesuai dengan ukuran rumah lantai satu yang tersedia.

Sementara di rumah dua lantai dengan ukuran yang sama, Anda bisa mendapatkan lebih banyak ruang sehingga terasa leluasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com