Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu yang Cocok untuk Garasi Mobil Rumah Kecil

Kompas.com - 19/10/2022, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Bagi Anda yang tinggal di rumah kecil, tentu banyak hal yang harus disesuaikan termasuk ornamen desain untuk garasi mobil.

Pintu garasi merupakan komponen yang harus dipilih dengan hati-hati karena tak hanya berdampak pada keamanan namun juga estetika rumah kecil secara keseluruhan.

Meskipun ukurannya terbatas karena disesuaikan dengan ukuran rumah kecil, ternyata Anda memiliki banyak pilihan untuk jenis pintu garasi loh.

Untuk menentukan jenis pintu garasi, pertama-tama Anda harus menentukan manakah ruang yang paling kurang di dalam garasi Anda.

Baca juga: Semua Hal yang Wajib Diketahui tentang Pintu Lipat Minimalis

Misalnya, jika kedalaman interior garasi Anda lebih pendek dari rata-rata, mungkin lebih baik untuk memilih pintu yang tidak membuka ke dalam ruang internal karena akan semakin mempersempit ruangan dalam garasi.

Jika ukuran garasi Anda pendek, maka rolling door yang meluncur dari atap garasi merupakan pilihan yang bijak.

Selanjutnya, ambil meteran dan hitung ukuran garasi Anda. Ini akan membantu Anda menyusun jenis pintu yang bisa dipilih.

Rolling door merupakan pintu yang memiliki harga lebih terjangkau. Selain itu, pintu ini tidak memakan tempat karena hanya berupa gulungan rapi di area atap garasi.


Anda akan membutuhkan ruang di atas kepala dengan ukuran 300 hingga 350 mm untuk menampung gulungan pintu.

Namun, produk yang tersedia di pasaran sudah siap pakai dan memiliki ukuran standar tertentu sehingga tidak cocok untuk semua garasi.

Jika garasi Anda berukuran kecil, mungkin pintu garasi mobil Anda harus dipesan agar bisa bekerja dengan lebih baik.

Memang pintu custom harganya lebih mahal daripada produk yang dijual bebas, namun, pintu tersebut dibuat sesuai ukuran akan menjadi investasi yang tidak akan Anda sesali.

Baca juga: Garasi dan Carport Sering Dianggap Sama, Ketahui Perbedaannya

Bila garasi di rumah kecil Anda memiliki atap yang rendah, maka sectional door (pintu seksional) bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sistem pegas yang dipasang pada plafon garasi akan mengurangi kebutuhan ruang bukaan pintu sehingga ruang di dalam garasi bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com