Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak Cepat BPJN NTT Tangani Jalan Trans-Timor yang Terancam Longsor

Kompas.com - 31/12/2020, 06:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Timur (NTT), langsung bergerak cepat menangani longsoran yang mengikis bahu jalan di ruas Jalan Trans-Timor di Desa Tuppan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Sejumlah kendaraan pengangkut material dan alat berat diturunkan ke lokasi untuk membuat penahan sementara, guna mencegah terjadinya longsoran.

PPK 1.1 Satker PJN Wilayah Provinsi NTT Franky Simamora mengatakan, longsor terjadi akibat runtuhnya tembok penahan tanah.

"Tembok penahannya runtuh akibat gerusan air oleh derasnya aliran sungai di samping jalan saat curah hujan yang tinggi kemarin," kata Franky kepada Kompas.com, Rabu (30/12/2020) malam.

Baca juga: BPJN NTT Teken Kontrak Empat Paket Proyek Tahun 2021

Menurut Franky, penanganan longsor sedang dilakukan dengan pemancangan cerucuk kayu doklen sebagai pondasi.

Kemudian dilapisi dengan karung pasir (sandbag) sebagai penahan longsoran.

Franky menyebut, pekerjaan selanjutnya adalah penimbunan dengan material pilihan hingga perbaikan aggregate pada bahu jalan.

"Kita selalu berupaya untuk terjaganya fungsi jalur lalu lintas pada ruas jalan nasional khususnya ruas jalan Nasional dari Kupang menuju Kota Soe, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan," tutur Franky.

Penanganan saat ini sifatnya masih transisi, yang dipersiapkan menuju penanganan permanen pada tahun 2021 mendatang.

"Jadi penanganan permanen sedang dalam perencanaan," ujar dia.

Franky berharap, pada awal tahun depan sudah ada paket terkontrak melalui skema multiyears, sehingga segera dilaksanakan penangan permanen.

Pantauan Kompas.com, Rabu (30/12/2020), sebuah alat berat mulai memindahkan sekaligus membuat pemadatan material di sejumlah titik longsor.

Meski sedang berlangsung penanganan bahu jalan yang longsor, arus kendaraan tetap berjalan lancar melintasi ruas jalan nasional yang masih terlihat mulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com