Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pariwisata Jatim, Kementerian PUPR Bangun Jalur Lot Sembilan

Kompas.com - 30/01/2020, 21:51 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebut mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam meningkatkan potensi pariwisata. 

Dukungan tersebut berupa pembangunan Jalur Lot Sembilan (JLS) dari pacitan hingga Malang bagian selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Jatim Sinarto menuturkan, pembangunan JLS ini sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu, dan menyisakan pekerjaan sekitar 20 kilometer hingga 50 kilometer lagi.

Baca juga: Menjejaki Daendels di Jalur Pantai Selatan Jawa

"JLS ini dikerjakan untuk meningkatkan potensi pariwisata pantai yang ada di daerah sekitar  Pacitan, Malang hingga Banyuwangi," kata Sinarto kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Menurut Sinarto, pembangunan JLS disambut baik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, karena relevan dengan pengembangan pariwisata Provinsi Jatim.

Selain JLS, upaya lain yang dikerjakan adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang bertugas melakukan pendekatan-pendekatan usaha, seperti bantuan yang disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"BUMDes itu punya usaha kepariwisataan, kreatifnya dan sampai menjual atraksi-atraksi budaya. Banyak ya di sana sekarang, dari 321 desa wisata, yang sudah maju sekitar 26 desa," urai Sinarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com