Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Banjir, Pemerintah Gratiskan Tol Dalam Kota

Kompas.com - 01/01/2020, 19:33 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musibah banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (1/1/2020) membuat arus lalu lintas di jalan bebas hambatan terganggu. Banjir juga menggenangi beberapa ruas Tol Dalam Kota.

Hal ini membuat pemerintah beserta badan usaha jalan tol (BUJT) pengelola ruas tol yang mengalami banjir membebaskan tarif tol.

Pembebasan tarif dilakukan mulai Rabu pukul 18.00 WIB hingga Kamis (2/1/2020) pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup Sementara

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com  mengatakan ruas tol yang digratiskan adalah Tol Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Kemudian Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

Danang menuturkan, pembebasan biaya tersebut dilakukan sambil menunggu perkembangan kondisi lapangan hingga surutnya banjir dan genangan di jalan tol.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Djoko Sapto mendukung upaya tersebut.

"Saat ini juga di jalan tol yang dikelola oleh CMNP telah dimasuki oleh kendaraan roda dua karena jalan di arteri tidak dapat dilintasi akibat dari banjir yang melanda Jakarta. Kami juga terus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan," kata Djoko.

Baca juga: Pengelola Klaim Banjir Tol Cipali Akibat Luapan Air Sungai Cilalanang

Selain memberikan insentif, BUJT melakukan sejumlah upaya antara lain menyedot air dengan pompa, menyiagakan perambuan, menempatkan petugas di lokasi sebelum genangan.

Lebih lanjut, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, pihaknya juga memberikan sosialisasi mengenai informasi terkini genangan air di jalan tol yang dikelola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com