Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Ciptakan Kamar Mandi Jadi Ruang Spa Pribadi

Kompas.com - 24/12/2019, 19:24 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ruangan di dalam rumah yang memiliki peran penting adalah kamar mandi

Kamar mandi tak hanya berfungsi sebagai tempat membersihkan tubuh, tapi juga tempat yang biasanya digunakan untuk bersantai.

Namun, tahukah Anda bahwa kamar mandi juga bisa dijadikan tempat spa? Apakah anda tertarik mengubah kamar mandi milik Anda menjadi tempat spa?

Melansir dari Zing! berikut tiga cara ubah kamar mandi Anda jadi tempat spa yang nyaman.

1. Ciptakan skema warna tenang

Apa warna yang muncul di benak Anda ketika berpikir tentang kata tenang? Mungkin Anda akan menjawab warna biru maupun hijau.

Begitu juga sebaliknya, para ahli sepakat bahwa warna memiliki dampak besar pada suasana hati.

Jadi, ketika Anda memutuskan warna apa yang akan mewarnai kamar mandi spa Anda, pilihlah warna yang sudah terbukti mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

"Warna adalah salah satu cara termudah untuk menciptakan perasaan di sebuah ruangan," jelas pemilik Design Solutions KGP Karen Gray-Plaisted.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kamar Mandi Outdoor Super Keren

Mengapa Anda harus menciptakan skema warna tenang? Sebab, kamar mandi memiliki begitu banyak permukaan yang keras, sehingga Anda harus menggunakan warna yang beresonansi dengan ketenangan.

Matt Kunz, President Five Star Painting, sependapat dengan Karen Gray-Plaisted bahwa mengecat dinding dan langit-langit kamar mandi dengan warna tenang dapat membuat dampak besar.

Dia juga menyarankan menggunakan warna cat pipih atau matte, karena menyerap cahaya dan menciptakan tampilan yang halus untuk ruangan dengan cahaya rendah.

2. Atur suasana hati dengan pencahayaan

Sama seperti warna, pencahayaan juga dapat memengaruhi suasana hati Anda. Jadi, memilih pencahayaan yang tepat untuk kamar mandi Anda dapat membuat Anda terasa seperti berada di tempat spa mewah yang sebenarnya.

Pakar kesehatan Caleb Backe mengatakan bahwa di tempat spa biasanya menggunakan cahaya lilin untuk menciptakan suasana yang menenangkan. Ia menyarankan agar Anda juga dapat menambahkan lilin di kamar mandi spa Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com