Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Efektif Mengusir Ular dari Rumah

Kompas.com - 20/12/2019, 09:45 WIB
Hilda B Alexander

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, warga yang tinggal di berbagai daerah di Indonesia resah dengan kemunculan ular berbisa.

Wilayah-wilayah seperti Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, Bekasi, Bogor, sampai Klaten diteror ular kobra yang mengancam keselamatan warga.

Bisa ular kobra dapat berakibat fatal dan merenggut nyawa manusia yang tergigit karena racun-racunnya dapat merusak sistem pernapasan, saraf, peredaran darah, dan kerja jantung manusia dengan cepat.

Dalam situasi terburuk saat Anda menemukan ular berbisa seperti kobra bersarang di rumah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah tidak panik dan langsung menghubungi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan di daerah Anda untuk bantuan yang lebih profesional dan efektif.

Selama menunggu, jangan bergerak secara tiba-tiba supaya ular tidak reflek menyerang Anda. Sebisa mungkin pergi ke ruangan lain yang tidak terdapat ular, sambil membuka akses untuk ular bisa pergi dengan sendirinya dari rumah Anda.

Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengusir ular dari rumah Anda bila sudah telanjur masuk, mencegah ular untuk masuk, bertelur, dan bersarang di rumah demi keselamatan Anda dan keluarga.

1. Tutup Celah dan Lubang Kecil yang Rawan

Untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah, periksa dengan saksama celah-celah yang rawan dimasuki ular.

Mulai dari keretakan-keretakan tipis, lubang-lubang kecil di plafon atau tembok, sampai ventilasi dan saluran air berpotensi untuk menjadi jalan masuk ular ke dalam rumah.

Anda bisa menambal keretakan dan lubang-lubang di tembok dan plafon. Kemudian, memasang kawat kasa untuk lubang ventilasi atau saluran air yang celahnya kecil supaya tidak bisa ditembus ular.

Tutup rapat juga pintu dan jendela, terutama saat musim hujan yang menjadi waktu berkembang biak ular.

2. Jaga Kebersihan Bagian Luar dan Dalam Rumah

Ular merasa “diundang” untuk masuk ke rumah apabila rumah dalam kondisi yang kotor, berbau tidak sedap, dan lembap.

Ketiga kondisi ini menjadi suasana yang tepat untuk ular membangun sarang, bertelur, dan berkembang biak.

Pastikan Anda rutin membuang sampah yang ada di dalam rumah, menyapu dan mengepel lantai, membersihkan saluran air, dan menjaga kebersihan di dalam rumah.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com