Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pekanbaru-Dumai Siap Digunakan Saat Nataru

Kompas.com - 18/12/2019, 17:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 akan dibuka secara fungsional saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Jalan bebas hambatan yang menjadi bagian dari Jaringan Tol Trans-Sumatera tersebut bakal dibuka mulai tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

Baca juga: VIK Merapah Trans-Sumatera, Panduan Lengkap Libur Natal dan Tahun Baru Anda

Namun demikian, jalan tol ini hanya akan dioperasikan selama delapan jam saja, mulai pukul 08.00-16.00 WIB khusus bagi kendaraan golongan 1 atau non-bus.

Gerbang Tol PekanbaruDok. Hutama Karya Gerbang Tol Pekanbaru
Sebelumnya, ruas yang dibangun sepanjang 9 kilometer itu telah menjalani uji laik fungsi pada Senin (16/12/2019) dan Selasa (18/12/2019) dan dinyatakan lolos.

"Setelah ULF ini kami merencanakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan fungsional menyambut Nataru yaitu mulai tanggal 23 Desember sampai dengan 2 Januari 2020," ujar Bintang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (18/12/2019).

Untuk faktor keamanan, Bintang menuturkan pihaknya sudah menyiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti dua unit patrolijalan raya, ambulans, hingga kendaraan patroli.

Tak lupa pula, pengelola juga telah menyiapkan kelengkapan keselamatan seperti rambu dan marka jalan.

Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 dibangun sepanjang 9 kilometerDok. Hutama Karya Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 dibangun sepanjang 9 kilometer
"Sudah kami koordinasikan dengan polres setempat agar dapat menyiagakan personilnya di masing-masing pos tersebut," kata dia.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun 469,5 kilometer Jalan Tol Trans-Sumatera. Dari total panjang tersebut, 373 kilometer sudah beroperasi secara penuh.

Sedangkan ruas Sigli-Banda Aceh sepanjang 14 kilometer dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 87,5 kilometer sudah terbangun namun belum beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com