Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anata Rupa, Gabungan Tipologi Anyaman Keberagaman Indonesia

Kompas.com - 05/12/2019, 18:38 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viro, merek dagang PT Polymindo Permata, bekerja sama dengan arsitek Anneke Prasyanti dan Dani Hermawan, memasang instalasi seni desain anyaman ‘Anata Rupa’ yang dipamerkan di Bintaro Design District (BDD) Festival 2019, Kamis, (5/12/2019).

Anata Rupa terdiri dari dua kata yaitu ‘Anata’ dan ‘Rupa’. ‘Anata’ memiliki makna filosofis yang artinya warna-warni, rasa hormat, dan perbedaan. Sedangkan, ‘Rupa’ bermakna bentuk.

Instalasi seni ini mengajak para pengunjung untuk menikmati indahnya perbedaan dengan tampilan seni anyaman berwarna-warni namun bisa berpadu menjadi satu ketika digabungkan.

Anneke yang mendesain tampilan instalasi seni Anata Rupa mengaku terinspirasi anyaman dari Pulau Lombok yang kemudian diterapkan pada warna keberagaman asli Indonesia yang mewakili empat suku di Indonesia, yaitu suku Batak, Sumba, Dayak, dan Bajo.

Baca juga: Inclusivity, Tema Bintaro Design District 2019

“Terinspirasi dari dinding rumah di Flores dan Lombok. Anyamamnya dibuat di Banten. Pekerjaan ini sudah kami lakukan sejak 3 bulan lalu. Anyaman lokal ini hanya ada di daerah pedalaman. Sementara ini kami bawa ke kota, untuk memperkenalkan anyaman daerah yang terinspirasi dari 4 suku di Indonesia yaitu Batak, Dayak, Sumba, dan Bajo,” terang Anneke saat mengisi talkshow di Bintaro Design District (BDD) 2019.

Untuk mendukung karya instalasi seni Anneke, dan Dani, perusahaan Viro yang berasal dari kata environment hadir sebagai penyedia solusi material inovatif dalam pelestarian budaya asli Indonesia, salah satunya produk anyaman.

“Sebagai perusahaan asli Indonesia dengan material inovatif untuk desain arsitektural dan interior, Viro bertanggung jawab untuk ikut andil dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya untuk budaya menganyam,” tambah Executive Vice President PT Polymindo Permata Johan Yang.

Karya Anneke dan Dani dapat dinikmati pengunjung hingga 7 Desember 2019 mendatang.

Adapun tema besar BDD kali ini yakni "Inclusivity" di mana arsitektur dan desain dipandang sebagai sebuah pendekatan yang mampu memberi solusi bagi berbagai persoalan ruang maupun kehidupan.

"Inclusivity" juga merupakan sebuah bentuk ajakan para arsitek dan desainer untuk merangkul para penyandang disabilitas agar mereka turut serta dalam membumikan seni arsitektur dan desain.

Tujuannya pun diharapkan agar mereka dapat melihat sekeliling ruang di mana berbagai macam persoalan yang selama ini tak pernah terpikirkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com