Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir 100 Persen, Tol Layang Jakarta-Cikampek Siap Dilintasi

Kompas.com - 04/12/2019, 16:41 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan pembangunan  Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated hampir selesai.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono mengatakan, hingga 1 Desember 2019, progresnya mencapai 99,976 persen.

"Persiapan sudah sampai hampir selesai, nearly 100 percent, sehingga siap dioperasikan," ujar Djoko", di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Dengan beroperasinya jalan tol ini, diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan di sepanjang Jalan Tol-Cikampek eksisting sebesar 30 persen.

Baca juga: Siap Beroperasi, Tol Layang Cikampek Dukung Kelancaran Mudik Natal

"Prediksi kami maksimum ada 30 persen bisa mengokupasi total trafik di bawah," imbuh Djoko.

Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated ini membentang dari Ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500), dengan sebagian ruas jalannya berada tepat di atas Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono.Rosiana Haryanti/Kompas.com Direktur Utama PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono.
Nantinya, saat jalan tol ini diap dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta bisa mengakses tol layang ini melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR, dan Jalan Tol Jagorawi.

Setelah itu, pengendara dapat melanjutkan perjalanan dengan melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated menuju ke arah Bandung, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Baca juga: Menerapkan Batas Kecepatan di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kemudian dari arah sebaliknya, pengendara dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, serta Bandung bisa menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang.

Setelah itu, pengendara bisa melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated menuju ke Jakarta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com