Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sejumlah Proyek Ibu Kota Baru yang Diincar SMI

Kompas.com - 14/10/2019, 18:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI berencana ikut mendanai sejumlah proyek infrastruktur yang akan dibangun di lokasi ibu kota negara (IKN) baru, Kalimantan Timur.

Meski demikian, SMI masih menunggu jenis dan jumlah proyek yang akan dibangun pemerintah.

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad mengaku, sudah mengincar sejumlah proyek untuk didanai pembangunannya.

"Kalau proyek di ibu kota baru tentunya yang jadi ekspertise kami proyek dalam kewenangan pemerintah kota," kata Edwin menjawab Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Soal Pendanaan Ibu Kota Baru, SMI Masih Observasi

Proyek itu antara lain perumahan. Sejauh ini, dari hasil kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sebanyak 1,5 juta penduduk akan menghuni wilayah IKN.

Penduduk tersebut berasal baik itu dari aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke sana maupun pegawai sejumlah sektor-sektor penggerak roda ekonomi yang memang ditempatkan di wilayah tersebut. 

Selain rumah, Edwin menambahkan, ada sejumlah proyek utilitas publik yang diincar seperti moda transportasi, penyediaan air minum, hingga pengolahan air kotor atau sewarage. 

"Itu kan namanya satu kesatuan bisnis model. Di kota maju, air minum itu kita mengonsumsi, tapi air kotor kita memproduksi. Itu harus jadi satu kesatuan untuk direncanakan dengan baik, skema dan partisipasinya," ungkapnya.

Edwin menuturkan, penyediaan infrastruktur dasar masyarakat haruslah memiliki skema pendanaan yang baik dan kreatif, agar swasta dan badan usaha tertarik untuk mendanainya.

Dengan masuknya swasta dan badan usaha, ketergantungan terhadap anggaran pendapatan belanja negara (APBN) juga akan berkurang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com