Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Pendanaan Ibu Kota Baru, SMI Masih Observasi

Kompas.com - 14/10/2019, 14:35 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI menyatakan sangat tertarik untuk ikut terlibat dalam pembiayaan pemindahan ibu kota.

Namun demikian, Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan, sejauh ini masih menunggu kepastian pemerintah soal proyek infrastruktur apa saja yang akan dibangun.

"Ini kan masih tahap perencanaan, oleh karenanya masih di Bappenas. Kami saat ini memang baru terlibat sebagai observer," kata Edwin menjawab Kompas.com, pekan lalu.

Edwin menjelaskan, setelah ada kepastian desain ibu kota baru, akan terjabarkan proyek-proyek infrastruktur yang digarap pemerintah. 

Baca juga: Strategi SMI Penuhi Target Pertumbuhan 20 Persen Tahun 2020

Termasuk di dalamnya kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk menggarap setiap proyek tersebut.

Sejauh ini, anggaran yang disebutkan pemerintah baru sebatas perhitungan secara keseluruhan, belum masuk proyek per proyek.

"Kami akan terlibat untuk memikirkan skema pembiayaan, apalagi ketika skema pembiayaan tersebut melibatkan creative finance," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membuka desain sayembara ibu kota baru.

Sayembara ini ditargetkan selesai pada Desember 2019 sehingga proses pembangunannya dapat mulai dieksekusi pada tahun depan. 

"Jadi kami masih menunggu, kami observer," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com