Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ada Seluncuran Raksasa Sepanjang 25 Meter di Sebuah Mal di Makassar

Kompas.com - 08/07/2019, 16:36 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fasilitas yang disediakan di sebuah mal di Makassar, Sulawesi Selatan, Nipah Mall, menarik perhatian publik.

Video yang menunjukkan fasilitas baru berupa slider atau seluncuran itu awalnya dibagikan akun Instagram Makassar Info, @makassar_iinfo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MAKASSAR INFO (LOGO BARU) (@makassar__iinfo) on Jul 6, 2019 at 9:10pm PDT

Saat dikonfirmasi, Senin (8/7/2019), Public Relation Nipah Mall, Megawati Tajuddin mengatakan, pengadaan fasilitas ini merupakan pertama kalinya di pusat perbelanjaan Kota Makassar.

"Kami ingin menyuguhkan hiburan yang berbeda dan pertama kali hadir di tengah-tengah area pusat perbelanjaan Kota Makassar dengan wujud sebuah wahana bermain yang disebut Slider di mana umumnya orang mengetahui berbetnuk seperti seluncuran," ujar Megawati.

Mega mengungkapkan, slider Nipah Mall memiliki tinggi 10,5 meter dan panjang 25 meter yang meliuk dari area underground hingga lowerground.

Meski terpasang dengan cukup tinggi, tingkat keamanan seluncuran berbahan dasar stainless steel ini tidak perlu diragukan.

Sebab, seluncuran raksasa itu telah melalui beberapa pengecekan maupun uji coba.

"Proses instalasi seluncuran disupervisi langsung oleh tenaga ahli dari Jerman dan dinyatakan aman untuk digunakan," ujar Mega.

Masyarakat bisa mencoba fasilitas ini sejak awal Juli lalu.

Sementara itu, Architectural Planning Section Head Nipah Mall, Andini Mokodompit menjelaskan, proses produksi dimulai sejak 2018 di Jerman dan diproduksi oleh Wiegand, produsen permainan seluncuran berbahan stainless steel tersertifikasi internasional.

"Perusahaan ini telah memproduksi beberapa seluncuran di berbagai negara, termasuk salah satunya di Bandara Changi, Singapura," ujar Andini dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Kemudian, Andi mengungkapkan, proses pengiriman dari Jerman ke Makassar membutuhkan waktu selama 6 minggu, sedangkan untuk proses instalasi memakan waktu selama 2 minggu.

Aturan penggunaan "slider" Nipah Mall

Meski proses instalasi diawasi langsung oleh tenaga ahli dan telah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Wiegand, pihak Nipah Mall menerapkan sejumlah aturan yang harus dipatuhi pengunjung yang ingin menjajal wahana tersebut.

"Tinggi badan minimal 110 cm, pastikan menggunakan pakaian yang nyaman untuk bermain, dilarang membawa barang bawaan lain saat meluncur, pastikan tidak berhenti di dalam seluncuran, dan tidak dalam pengaruh alkohol," ujar Mega.

Jika ingin merasakan sensasi perosotan raksasa ini, pengunjung juga harus melakukannya secara bergantian karena hanya satu orang yang masuk dalam seluncuran tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com