Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Tirta Bakal Kembangkan "Smart Water Management"

Kompas.com - 27/06/2019, 21:01 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Jasa Tirta II berencana mengembangkan smart water management dan information technology communication dalam pengelolaan sumber daya air.

Pengembangan ini dilakukan dengan menggandeng Korea Water Resources Cooperation (K-Water), yang kerja samanya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di kantor Kementerian Lingkungan Korea, Kamis (27/6/2019).

Baca juga: Basuki: Perum Jasa Tirta Tak Bisa Dibebani Deviden

"Kerja sama ini merupakan bagian dari rencana transformasi Jasa Tirta II dalam hal regulasi menuju perusahaan pengelola air yang baik di Indonesia," kata Direktur Utama Jasa Tirta II, U Saefudin Noer, dalam keterangan tertulis.

Adapun fokus transformasi yang hendak dilakukan mulai dari budaya kerja pegawai dan perusahaan, proses bisnis, inflamasi komunikasi dan teknologi, area bisnis baru dan optimalisasi aset serta regulasi.

Menurut dia, dengan kerjasama ini akan dilakukan studi implementasi, perencanaan dan aplikasi dalam pemanfaatan sumber daya air termasuk Smart Water Management dan Information Communication Technology.

"Dengan K-Water, Jasa Tirta II akan bertukar keahlian dan teknologi, meningkatkan kompetensi dan pengembangan kapasitas untuk mendukung inovasi kelembagaan Jasa Tirta II," ucapnya.

Sebagai perusahaan pelat merah, Jasa Tirta II bertugas untuk menyelenggarakan pemanfaatan umum atas air dan sumber-sumber air yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi PJT II dalam pemanfaatan sumber daya air di Indonesia kelak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com