Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM 840 Ruas Paspro, Titik Akhir Jalan Tol Trans Jawa

Kompas.com - 28/05/2019, 08:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kilometer (KM) 840 Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Inilah titik akhir dari Jalan Tol Trans Jawa yang telah beroperasi.

Sementara dalam dokumen RPJMN 2015-2019, Jalan Tol Trans Jawa meliputi 1.150 kilometer dengan ruas terakhir Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Namun, kondisi Tol Probowangi sepanjang 172,39 kilometer saat ini masih dalam tahap pengukuran tanah untuk kemudian dibebaskan hingga akhir tahun ini.

Dengan dibukanya Tol Paspro, membuat Merak di Banten, hingga Probolinggo di Jawa Timur terhubung seluruhnya sebagai bagian dari koridor Tol Trans Jawa.

Ujung jaringan tol yang dirancang sejak 1978 atau saat kepemimpinan Soeharto ini ditandai dengan Gerbang Tol (GT) Probolinggo Timur.

Sedianya, Tol Paspro terdiri dari empat Seksi. Namun, yang sudah dibangun dan beroperasi baru tiga Seksi.

Baca juga: Ekspedisi Mudik Merapah Trans Jawa 4.0 Sampai di Surabaya

Ketiga seksi yang dimaksud yakni Seksi 1 Grati-Tonggas sepanjang 13,5 kilometer, Seksi 2 Tonggas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 kilometer, dan Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 kilometer.

Adapun Seksi 4 Probolinggo Timur-Gending sepanjang 13,7 kilometer masih dalam tahap proses pengubahan rencana usaha. 

Pembangunan rest area 833 A tol Pasuruan - Probolinggo di Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pembangunan rest area 833 A tol Pasuruan - Probolinggo di Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019).
Dalam pembangunannya, Tol Paspro menelan investasi Rp 4,8 triliun dan dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak usaha PT Trans Jawa Paspro Tolll Road.

Masa konsensinyanya 45 tahun, sesuai dengan dokumen perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT). 

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 10 April 2019 lalu, Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) mencatat lalu lintas harian rata-rata 12.000 kendaraan. 

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengungkapkan hal itu kepada Tim Merapah Trans Jawa 4.0 Kompas.com, Minggu (26/5/2019). 

"Saat Lebaran nanti, kami memprediksi lonjakan kendaraan sekitar 20.000 unit," ujar Herwidiakto. 

Hal senada dikatakan Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Toll Road Dwi Pratikto. Menurutnya, paling minimal peningkatan volume kendaraan mencapai 20 persen.

Foto udara Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo dibangun oleh PT Waskita Toll Road di Jawa Timur, Minggu (26/5/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Foto udara Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo dibangun oleh PT Waskita Toll Road di Jawa Timur, Minggu (26/5/2019).
"Peningkatan terjadi di dua jalur A dan B dari dan ke Surabaya. Sebelum ini juga tol Paspro menjadi pilihan utama warga sekitar, baik untuk aktivitas harian, bisnis maupun komersial," kata Dwi. 

Adapun kendaraan yang mendominasi ruas tol yang dirancang empat seksi ini, menurut Dwi, adalah berjenis golongan I, sementara sisanya merupakan kendaraan logistik.

Dalam menyambut mudik dan balik Lebaran, jalan berbayar dengan nilai investasi Rp 4,8 triliun ini secara umum siap dilintasi. 

Termasuk rest area di KM 833 A dan KM 833B yang selesai pembangunannya pada H-7 atau Senin (28/5/2019). 

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans Jawa 4 memulai perjalanan dari titik 0 KM di Merak, Banten. Di awal perjalanan lalu lintas tersendat karena ada proyek pelebaran jalan di ruas Tol Tangerang-Merak. Tim kemudian menuju Cikampek. Di ruas tol Jakarta-Cikampek sejumlah proyek infrastruktur jadi sumber kemacetan. Karena itu pengerjaan proyek ini akan dihentikan sementara beberapa hari sebelum Lebaran. Perjalanan tim berlanjut hingga ke Surabaya. Sepanjang perjalanan tim melihat sejumlah proyek pembangunan rest area yang akan digunakan untuk kenyamanan pada saat mudik Lebaran nanti. Destinasi wisata juga menjadi sorotan tim, agar para pemudik memiliki referensi wisata selama libur lebaran bersama keluarga tercinta. Saksikan terus perjalanan tim Merapah Trans Jawa 4. #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #kompascom

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com