Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Biasa, Museum di Atas Jembatan

Kompas.com - 24/05/2019, 07:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jishou Art Museum (JAM) di Kota Jishou, China punya pemandangan unik. Tak hanya galeri, pengunjung dapat menikmati panorama alam dan sungai yang mengalir. Ini karena bangunan museum didirikan di atas aliran sungai.

Museum ini dibangun dari dua jembatan yang bertumpuk dan melintang di Sungai Wanrong. Awalnya pemerintah setempat mempertimbangkan membangun museum di sebuah lahan di luar kota, seperti kebanyakan fasilitas budaya lainnya di China.

Namun para arsitek dari Atelier FCJZ mengusulkan untuk membangun museum seni di pusat kota tua. Mereka percaya, fasilitas budaya seharusnya mudah diakses oleh penduduk.

Jishou Art MuseumFangFang Tian Jishou Art Museum
"Di Jishou, karena kami pikir sebuah museum seni tidak boleh diisolasi dari penggunanya, itu dimasukkan ke dalam struktur perkotaan yang ada, yang dibangun dengan bangunan baris di sepanjang Sungai Wanrong yang menampung toko-toko, restoran, tempat tidur dan istirahat, sering dengan pemilik yang tinggal di lantai atas," jelas arsitek dari Atelier FCJZ.

Kemudian ide untuk membangun museum seni di atas aliran sungai pun muncul. Salah satu alasannya agar semakin banyak pengunjung yang datang, apalagi museum juga terbuka bagi para pejalan kaki.

Semakin lama, bangunan juga berfungsi ganda sebagai jembatan pejalan kaki alami.

Jishou Art MuseumFangFang Tian Jishou Art Museum
"Kami berharap orang-oeang di Jishou tidak hanya akan melakukan perjalanan khusus untuk melihat seni namun juga akan menjumpai seni dalam perjalanan mereka ke tempat kerja, sekolah, atau tempat belanja," ujar salah satu arsitek.

Tingkat jembatan yang lebih rendah dibangun dengan struktur rangka baja terbuka, menirukan jalan tertutup bagi pejalan kaki. Sementara tingkat galeri atas membentuk lengkungan beton bertulang.

Bangunan museum sendiri dibalut dengan kaca tinggi dan penuh yang dapat memantulkan pemandangan air di bawahnya.

-FangFang Tian -
Struktur bangunan yang melilntang di atas sungai berfungsi sebagai galeri. Sedangkan ruang-ruang tambahan seperti kantor, toko, dan tempat istirahat pengunjung terletak di pinggir jembatan.

Dengan desain unik ini, baik pengunjung maupun pejalan kaki dapat memasuki bangunan museum dari kedua ujung sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com