Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulkan Dua Menteri, Komisi V Bahas Persiapan Mudik

Kompas.com - 21/05/2019, 12:44 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi V DPR menggelar rapat kerja dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja terkait persiapan mudik dan balik Lebaran 2019, Selasa (21/5/2019).

Para menteri yang hadir di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Irjen Pol Refdi Andri.

Basuki menuturkan, ada tiga aspek yang diperhatikan pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik, yaitu prasaranan, manajemen lalu lintas dan perilaku pengguna jalan.

"Saya di Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk penyediaan prasarananya. Kalau dalam rangka mudik ini pasti saya jadi sub sistemnya Kementerian Perhubungan," kata Basuki di Kompleks Parlemen.

Baca juga: Pemudik, Catat Informasi Lengkap Tarif dan Fasilitas Tol Trans-Jawa

Basuki menegaskan, secara umum prasarana mudik berupa jalan, baik tol maupun jalan nasional sudah lebih siap dibandingkan tahun lalu.

Untuk jalan Tol Trans Sumatera, misalnya, ada 503 kilometer yang siap untuk dilalui pemudik, baik itu yang sifatnya fungsional maupun operasional.

"Fungsional sudah rigid cuma belum operasi karena rambu-rambu sedang kita selesaikan," kata dia.

Sementara di Jawa, hampir 1.000 kilometer jalan tol siap digunakan masyarakat dari Merak hingga Surabaya.

Hal ini ditambah dengan kehadiran ruas Tol Pandaan-Malang yang baru diresmikan beberapa waktu lalu sepanjang 30,6 kilometer.

"Sedangkan untuk jalan nasionalnya, Pantura, tengah, dan selatan sudah siap. Kemarin Jembatan Kolonel Sugiarto di Kudus sudah dibuka resmi, hari ini jembatan di Temanggung dibuka untuk umum," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com