Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I-2019, Pendapatan Pakuwon Naik 4 Persen

Kompas.com - 29/04/2019, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang properti yang berbasis di Surabaya, PT Pakuwon Jati (PWON), membukukan pendapatan bersih Rp 1,7 triliun pada Kuartal I-2019.

Angka ini tumbuh 4 persen ketimbang periode yang sama tahun 2018 yang mencapai Rp 1,65 triliun.

Pertumbuhan juga terjadi pada sektor laba komprehensif yang tercatat sebesar Rp 861 miliar. Capaian ini 35 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu senilai Rp 640 miliar. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Direktur dan Sekretaris Perusahaan Pakuwon Jati Minarto Basuki menuturkan, komposisi pendapatan perseroan mencakup recurring revenue  sebesar 52 persen dan development revenue  48 persen.

"Ini konsisten dan sejalan dengan strategi Perseroan untuk tumbuh dengan komposisi pendapatan yang berimbang antara recurring dan development revenue," ucap Minarto, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Pakuwon Raup Laba Rp 2,85 Triliun

Adapun capaian recurring income tahun ini sejumlah Rp 887 miliar atau naik 7,1 persen dari tahun lalu Rp 828 miliar.

Hal ini ditunjang antara lain oleh kenaikan pendapatan organik dari pusat-pusat perbelanjaan ritel dan hotel-hotel eksisting.

Sementara development revenue mencapai Rp 824 miliar atau tumbuh tipis 0,7 persen dibandingkan tahun 2018 yang sebesar Rp 819 miliar, karena pengakuan pendapatan dari apartemen Benson Pakuwon Mall Tahap 4.

Minarto juga menyebutkan, selama Kuartal I-2019, pengeluaran belanja modal yang telah digelontorkan perseroan tembus angka Rp 390 miliar.

Baca juga: S&P Naikkan Rating Pakuwon Jadi BB

Belanja modal ini digunakan untuk membiayai proyek-proyek konstruksi Kota Kasablanka Tahap 2, Tunjungan Plaza 6, Pakuwon Mall Tahap 3 dan 4, dan EastCoast Mansion serta pembelian tanah.

Basis pertumbuhan 2019

Minarto optimistis, pusat perbelanjaan ritel dan hotel masih akan memberikan tambahan pendapatan organik tahun ini.

Terutama dengan selesainya renovasi Blok M Plaza pada Kuartal II dengan beroperasinya pusat perbelanjaan ritel Pakuwon Mall Tahap 4 serta 2 hotel di Pakuwon Mall pada paruh kedua tahun 2019.

Sementara pertumbuhan development revenue akan berasal dari penjualan apartemen di Superblok Pakuwon Mall (Anderson, Benson dan La Viz) dan apartemen di EastCoast Mansion yaitu Amor serta pengakuan penjualan kondominium Angelo, Bella dan Chianti di Superblok Kota Kasablanka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com