Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Milan Ubah Stasiun Tidur Jadi Taman

Kompas.com - 14/04/2019, 14:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua buah stasiun dan jalur kereta di Kota Milan akan diubah menjadi ruang terbuka hijau. Kedua tempat tersebut, yakni Scalo Farini dan San Cristoforo berada di utara dan selatan kota yang saat ini sudah tidak digunakan.

Rancangan studio ini mengubah tempat tersebut menjadi ruang terbuka hijau untuk kota dan mengurangi polusi yang dihasilkan dari aktivitas masyarakat.

Untuk itu, sebuah kompetisi digelar untuk mencari desain terbaik yang dimenangkan oleh Reiner de Graaf dan Ippolito Laparelli dari studio OMA. Studio ini juga bekerja sama dengan firma lokal bernama Laboratorio Permanente.

Kompetisi desain ini diselenggarakan oleh perusahaan angkutan Ferrovie dello Stato, FS Sistemi Urbani S.r.l. dan RFI, bekerja sama dengan kota Milan, wilayah Lombardy dan pengembang Coima SGR.

-OMA -
Lomba bernama Farini Competition ini bertujuan untuk mencari desain terbaik dan berkelanjutan bagi kedua area kota tersebut.

Kedua zona baru ini akan merevitalisasi ekologi di Milan sekaligus menawarkan udara bersih bagi warga kota. Area Scalo Farini akan disebut dengan wilayah hijau sedangkan San Cristoforo sebagai wilayah biru.

Area hijau akan dirancang dengan taman yang luas yang mampu membersihkan udara sekaligus menyaring partikel yang datang dari arah barat daya kota.

Sementara area biru akan dirancang untuk membersihkan dan memurnikan air tanah.

"Proyek ini menghormati sejarah kota dengan jalan-jalan, alun-alun, dan taman, serta memperkenalkan fleksibilitas dan keanekaragaman penggunaan bagi penduduk," ujar juri Farini Competition, Dominique Perrault.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com