Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NS BlueScope Selenggarakan "Steel Architectural Awards 2019"

Kompas.com - 13/03/2019, 08:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - NS BlueScope Indonesia kembali menggelar "Steel Achitectural Awards 2019", penghargaan arsitektur inovatif dan kreatif.

Dalam penyelenggaraan "Steel Architectural Award 2019" kali kedua tahun ini, NS BlueScope Indonesia mengusung tema besar “Envisioned The Future of Steel as World-Class Masterpiece”.

Ajang ini terbuka untuk para peserta dari kalangan arsitek, pemilik proyek, kontraktor, dan seniman.

Presiden Direktur NS BlueScope Indonesia Yan Xu mengatakan, tujuan utama digelarnya penghargaan ini adalah memberikan apresiasi setinggi-tingginya sekaligus pengakuan bagi karya arsitektur Indonesia.

"Ajang ini juga memperkenalkan keberagaman visi, serta peningkatan kesadaran untuk menggunakan baja lapis pada proyek mereka pada masa depan," ujar Yan menjawab Kompas.com, di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: BlueScope dan Kemendikbud Sepakat Tingkatkan Kompetensi Siswa Kejuruan

Terdapat enam kategori yang dikompetisikan yakni Commercial Architecture, Industrial Architecture, Infrastructure and Public Architecture, Residential Architecture, Energy and Mining Architecture dan kategori terbaru Artwork Object.

Pada penyelenggaraan "Steel Architectural Award 2019", penilaian 90 karya yang masuk dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari Tan Tik Lam, Alvin Tjitrowiryo, Ario Andito, Beta Paramitha, dan Yan Xu.

Dari total karya yang telah menjalani assessment, panel juri kemudian melakukan penilaian terhadap 55 karya. 

Penggunaan material baja lapis menjadi kriteria penilaian utama pada penghargaan ini, diikuti optimalisasi bentuk, kreativitas pada fungsi bangunan, mendorong pengembangan lingkungan sekitar, dan implementasi konsep bangunan hijau.

Adapun beberapa kandidat yang masuk penilaian final, di antaranya untuk kategori commercial architecture terdapat Living World Alam Sutera, Astra Business Center Center, Pasar Modern BSD II, dan Abadi Klender Center.

Kategori industrial architecture yakni Jabil UTC Factory, Nestle Factory Karawang, dan Crown Warehouse.

Kemudian infrastructure and public architecture di antaranya Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sky Bridge Palembang, dan Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Selain penghargaan, COLORBOND® sebagai sponsor utama perhelatan ini juga mengadakan COLORBOND® Steel Architectural Seminar 2019.

Seminar ini bertujuan memberikan visi kepada pesertanya bahwa baja lapis adalah bahan bangunan yang lebih kuat, lebih tahan lama dan serbaguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com