Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kampung Bisa Lewat Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang

Kompas.com - 08/03/2019, 11:07 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengoperasikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019), pemerintah menggeber pembangunan Tol Terbanggi Besar-Palembang.

Ruas tol ini ditargetkan dapat dibuka sepenuhnya atau beroperasi pada Juni 2019.

Meski demikian, untuk sementara sebagian ruas tol ini akan dibuka fungsional pada saat musim mudik dan balik Lebaran 2019. Terutama untuk Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 kilometer.

"Untuk mudik nanti bisa dipakai sampai Pematang Panggang secara fungsional. Jadi dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung itu bisa dipakai fungsional. Sudah bisa nyambung tapi belum operasional," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (8/3/2019).

Baca juga: Sah, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tol Terpanjang di Indonesia

Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang merupakan bagian dari Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer yang digarap PT Hutama Karya (Persero).

Merujuk data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), progres konstruksi Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggan sudah mencapai 89,06 persen.

Sementara untuk Seksi 2 Pematang Panggang Kayu Agung sepanjang 77 kilometer sudah mencapai 90,8 persen.

Adapun untuk ruas Kayuagung-Palembang-Betung sepanjang 111,69 kilometer digarap PT Sriwijaya Markmore Persada. Saat ini pekerjaan konstruksi untuk ketiga seksinya baru mencapai 32,82 persen.

Baca juga: Sah, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tol Terpanjang di Indonesia

Rinciannya, Seksi 1 Kayuagung-Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer baru mencapai 60,34 persen dan Seksi 2 Jakabaring-Musilindas sepanjang 33,9 kilometer baru mencapai 40,85 persen. Adapun Seksi 3 Musilindas-Betung baru mencapai 5,85 persen.

Ketiga seksi ini ditargetkan dapat beroperasi sepenuhnya pada Desember 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com