Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Bisa Jadi Bahasa Universal untuk Kepedulian Sosial

Kompas.com - 18/02/2019, 15:34 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Karya seni dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu-isu sosial, tak terkecuali kepedulian terhadap hewan peliharaan yang teraniaya serta orangutan yang hampir punah.

Tujuan itulah yang disisipkan Nestudio, sebuah produsen furnitur lokal Indonesia pada pameran seni dan lelang bertajuk "A Life Worth Living" pada tanggal 13 -17 Februari 2019 di function hall Plaza Indonesia lantai 2. 

Pameran tersebut menampilkan bermacam karya seni yang melambangkan kehidupan hewan-hewan yang diselamatkan, direhabilitasi dan dikembalikan ke kehidupan lebih layak dan berkualitas oleh Garda Satwa Indonesia dan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, terutama dalam rangka penggalangan dana dan kepedulian bagi hewan peliharaan dan orangutan tersebut.

Hal itu dikarenakan pada beberapa tahun terakhir ini terjadi peningkatan kekejaman terhadap satwa liar melalui perburuan liar dan perusakkan habitat serta satwa peliharaan.

"Area marga satwa orang utan seperti BOS di Kalimantan itu kan terkenal dengan hutan tropis yang punya hamparan pohon kayu luas. Kami yang memakai legal wood, merasa wajib berpartisipasi dengan event pelestarian alam agar kelestarian hutan tropis Indonesia serta cagar alam satwanya dapat terjaga. Kami percaya furnitur atau karya seni lainnya bisa menjadi sarana meningkatkan kepedulian itu, sebab karya seni kan bahasa universal yang mudah dipahami," kata Felix Wirawan, dari Nestudio, di sela pameran, Minggu (17/2/2019).

Pada pameran ini Nestudio menghadirkan corner cantik berupa padu padan koleksi furnitur bernuansa merah muda. Warna ini dianggap sebagai simbol kasih sayang dan kelemah-lembutan yang menghadirkan harapan untuk lingkungan hidup dan kesejahteraan satwa yang lebih baik.

"Ini kami rancang sebagai display produk dengan art piece yang tersusun menjadi sebuah corner inspirasi interior di area publik," tambah Felix.

Sebelumnya, produsen lokal di bawah naungan PT Ciptakreasi Buana Persada, ini sudah meluncurkan seri Turquoise Cream yang memaparkan nuansa warna sejuk dengan fitur ergonomis untuk ukuran hunian urban millenial.

Adapun pameran seni dan lelang "A Life Worth Living" bukan hanya sekadar pameran, tapi juga ajang lelang karya seni khusus untuk tamu undangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com