Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Garap Seksi 3 Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Kompas.com - 18/01/2019, 12:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah proses pembebasan lahan yang masih terus dilakukan, rencana pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mulai ada kejelasan.

Hal itu menyusul dimenangkannya tender pekerjaan proyek yang sebelumnya diumumkan PT Jasamarga Japek Selatan, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, selaku operator tol sepanjang 62 kilometer tersebut kelak.

Pemenang tender tersebut adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk, yang nantinya akan menggarap Paket 3 mulai dari STA 34+500 sampai dengan STA 62+000.

"Jakarta-Cikampek Selatan itu baru menang dari Jasa Marga itu sekitar Rp 3 triliun," kata Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Waskita Turunkan Target Laba Bersih Tahun 2019

Direktur Operasi II Bambang Rianto mengungkapkan, Paket 3 yang akan digarap Waskita memiliki panjang 27 kilometer.

Ia pun berharap proses pembebasan lahan dapat berjalan dengan cepat, sehingga pekerjaan konstruksi pun dapat segera dimulai.

"Jadi itu ada tiga seksi, yang kita dapat itu Seksi 3 dari Sadang sampai ke Taman Mekar. Pembebasan lahan yang utama itu di (lahan milik) Perhutani itu sekitar 20 kilometer," kata Bambang.

Pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket I STA 00 s/d STA 9+300, Paket II STA 9+300 s/d STA 34+500, dan Paket III dari STA 34+500 s/d STA 62+00.

Pekerjaan konstruksi dimulai dari Paket III mengingat kondisi lahan yang bukan perumahan sehingga proses pengadaan tanahnya dapat lebih cepat.

Selain itu, pada Paket III juga terdapat lokasi tanah dalam penguasaan Jasa Marga di Simpang Susun (SS) Sadang dan lokasi tanah sepanjang sekitar 10,5 Km yang dimiliki oleh Perum Perhutani.

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang. Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Purbaleunyi.

Nantinya, akan ada tujuh gerbang tol (GT) di jalan tol ini. Ketujuh GT tersebut adalah GT Jati Asih, Bantar Gebang, Setu, Sukaragam, Taman Mekar, Kutanegara, serta Sadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com