Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jumat Pukul 06.00 WIB, Gratis Lewat Tujuh Ruas Tol Baru

Kompas.com - 20/12/2018, 16:06 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MOJOKERTO, KOMPAS.com — Tujuh ruas tol di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah yang diresmikan hari ini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibuka untuk umum pada Jumat (21/12/2018) mulai pukul 06.00 WIB tanpa tarif alias gratis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan hal itu saat peresmian empat ruas tol di Jawa Timur pada Kamis (20/12/2018).

"Tujuh ruas yang diresmikan hari ini masih gratis sampai Januari nanti.
Ini sudah operasi, untuk yang tujuh ruas tarifnya nol rupiah," ujar Basuki di Tol Bandar- Kertosono Km 671+500, Mojokerto, Kamis.

Baca juga: Resmi Dibuka, 4 Ruas Tol di Jatim Lengkapi Trans-Jawa

Basuki menambahkan, dengan dibukanya tujuh ruas tol ini, jalan tol Trans-Jawa dari Merak ke Grati sepanjang 933 kilometer sudah tersambung sepenuhnya.

"Alhamdulillah, seperti yang diperintahkan Presiden, Trans-Jawa bisa tersambung dari Merak sampai Grati 933 kilometer. Di Jawa Timur ada empat ruas dan Jawa Tengah tiga ruas," imbuhnya.

Adapun keempat ruas tol yang dibuka hari ini di Jawa Timur yaitu Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Sementara itu, tiga tol lainnya yang berada di Jawa Tengah, yakni Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Tol Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Tol Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura). 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 7 Ruas Tol Trans Jawa Diresmikan Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com